Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kita semua tentu menyadari bahwasanya internet seakan menjadi hal mutlak dalam bidang bisnis. Terutama, jika ingin melakukan adanya perubahan dalam perkembangan bisnis. Dengan internet, ada banyak dampak positif yang diperoleh suatu usaha. Misalnya, memperoleh jangkauan pasar yang luas, kemudahan untuk memperoleh informasi, dan efisiensi atas beaya dan waktu.

Beragam dampak positif yang diperoleh, banyak dari pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk dapat memanfaatkan internet dengan maksimal. Sayangnya, tidak semua pelaku usaha mampu memanfaatkan potensi baik tersebut. Misalnya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi tahun 2018, baru 8 persen dari 60 juta pelaku UMKM yang memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Dengan adanya fenomena tersebut, yang membuat perkembangan UMKM seakan berjalan di tempat.

Padahal, UMKM memiliki andil yang cukup signifikan dalam Produk Domestik Bruto (PDB). Seharusnya UMKM dapat memanfaatkan peluang kecanggihan internet untuk memaksimalkan usahanya. Dalam rangka membantu UMKM agar dekat dengan internet, kini telah hadir UMKMOVEMENT di tengah-tengah masyarakat.

UMKMOVEMENT merupakan suatu usaha bisnis yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa terpadu dalam membantu para UMKM. Usaha ini, diprakarsai lima mahasiswa yang berasal dari Universitas Brawijaya Malang yang beranggotakan Andre Novian Megantara, Rina Ervina, Qurrotu A’yun Nafidah, Alfany Arga Alil Fiqri, dan Mar’atul Qibtiyah.

Tujuan utama yang ingin diraih dengan adanya UMKMOVEMENT adalah membantu permasalahan yang dihadapi oleh setiap UMKM terutama dalam rangka mencapai digitalisasi UMKM.  “UMKMOVEMENT” merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang layanan jasa. Dalam pelaksanaannya “UMKMOVEMENT” juga menyediakan sistem paket, dimana satu paketnya terdiri dari beberapa pelayanan.

Diantaranya, Branding Produk, Photoshoot Produk, Financial Management dan targeting, Online Marketing, serta Marketing Communication (Marcomm). Harga setiap paket sebesar Rp150.000. Selain mendapatkan satu paket layanan branding, photoshoot, finance, targeting, dan marcom pengguna jasa kami juga dapat meng-upgrade salah satu layanan dengan membayar beaya tambahan.

UMKMOVEMENT berlokasi di Laboratorium Kewirausahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Jl. MT Haryono No. 165, atau dapat menghubungi email umkmovement@gmail.com, Whatsapp 085784039826, Line @tvc7339r, Facebook UMKMovement, dan Instagram @umkmovement. (nanang)