Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Mengacu standart akuntan internasional, untuk Indonesia, IAI menetapkan sebutan Chartered Accountant Indonesia (CA) sebagai sebagai identitas personal  kualifikasi akuntan professional.  Predikat ini selain  menunjukkan standarisasi mutu dan kualitas kinerja akuntan, meningkatkan trust kinerja profesi akuntan, juga tetap kompetitif secara internasional. Sehingga seorang akuntan profeisonal memiliki komitmen tinggi  terhadap etika profesi, nilai, policy  dan prilaku yang tinggi terhadap tanggung jawab terkait pelaporan keuangan.

Tetapi seiring pesatnya perkembangan tehnologi, profesi akuntan,  dituntut mampu bekerja prosesional  baik di lingkup lokal, nasional maupun internasional. Tingginya tantangan dan  tuntutan yang dihadapi  kinerja  profesi akuntan  inilah, UKWMS mengantisipasi melalui  Jurusan Akuntansi, FB UKWMS untuk  menjalin kemitraan  dengan  Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW).  Aspek kerja sama nantinya akan sangat membantu mahasiswa dalam melakukan ujian sertifikasi profesi, mengikuti kompetisi akuntansi, studi banding ke luar negeri, hingga magang.

Usai penandatangan MOU ICAEW (Mark Billington) dan UKWMS(Dekan FB)

 

Penandatangan kesepakatan dilakukan  oleh Dekan FB, Dr. Lodovicus Lasdi Ddampingi Ketua Jurusan Akuntansi, Patricia Febrina Dwijayanti, SE., M.Sc., dengan pihak  ICAEW yang dilakukan langsung oleh  Mark Billington, FCA selaku Direktur Regional ICAEW Asia Tenggara, Singapura, didampingi Ketua ICAEW Indonesia, Denny Poerhadiyanto(30/4).

“Kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan mahasiswa kita di era digital dalam akuntansi. Terlebih materi dari Mr. Mark nanti akan membuka wawasan internasional mahasiswa mengenai pentingnya akuntan.  Kerjasama yang dijalin tentunya akan sangat membantu mahasiswa dalam melakukan ujian sertifikasi profesi, mengikuti kompetisi akuntansi, studi banding ke luar negeri, hingga magang. Ia juga menyampaikan bahwa setelah ini akan dibuka International Undergraduate Program yang dapat menjadi bekal mahasiswa untuk berkarya di dunia akuntan internasional. “ kata Sebelum memulai MoU, Dekan Fakultas Bisnis UKWMS, Dr. Lodovicus Lasdi, MM., Ak., CA., CPAI.

Usai penandatanganan MOU dilanjutkan dengan kuliah tamu oleh  Direktur Regional ICAEW Asia Tenggara, Singapura. Mark Billington. Dalam paparannya, Mark menyampaikan pentingnya mahasiswa memiliki pandangan visioner terkait  dalam menata  dan mencapai tujuan hidupnya agar lebih antisipatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Masih menurut Mark Billington, Profesional adalah komitmen bekerja dan bertindak benar meskipun tanpa pengawasan. Sehingga berkembang dan menjadi long-life skills. Pesatnya perkembangan tehnologi juga  membuka hanyak peluang. Hal terpenting adalah menjaga kepercayaan. Pada penutupan kuliah, Mark juga mengutip  quote Theodore Roosevelt yang berbunyi , “We cannot always build a future for our youth, but we can always build our youth for the future”, (kita tidak selalu mampu membangun masa depan untuk generasi muda kita, tapi kita akan selalu mampu membangun generasi muda kita untuk (menghadapi)masa depan). (nora)