Akuntansi Biaya Dalam Lingkungan Ekonomi Modern

101

Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Akuntansi biaya biasanya hanya dianggap berlaku untuk operasi pabrikase, namun dalam dunia ekonomi dewasa ini setiap jenis organisasi dari berbagai ukuran dapat mengambil manfaat dari penggunaan konsep dan teknik akuntansi biaya. Akuntansi biaya adalah suatu proses mengidentifikasi, mendefinisikan, mengukur, melaporkan dan menganalis elemen-elemen biaya langsung dan tak langsung yang berhubungan dengan pengolahan dan pemasaran suatu barang atau jasa. Akuntansi biaya juga dapat diartikan sebagai kunci atau alat yang penting guna membantu manajemen dalam melakukan pertimbangan, perencanaan, pengawasan serta sebagai penilaian terhadap kegiatan perusahaan. Jadi pengertian akuntansi biaya merupakan penentuan harga pokok suatu produk dengan melakukan suatu proses pencatatan, penggolongan dan penyajian transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Tujuan utama akuntansi biaya adalah mengumpulkan dan menganalisis data mengenai biaya, baik biaya yang telah maupun biaya yang akan terjadi. Informasi yang dihasilkan berguna bagi manajemen sebagai alat kontrol atas kegiatan yang telah dilakukan dan bermanfaat untuk membuat rencana dimasa yang akan datang.

Adapun manfaat akuntansi biaya bagi manajemen adalah sebagai berikut: (1) Membuat dan melaksanakan rencana dan anggaran untuk beroperasi dalam kondisi kompetitif dan ekonomi yang telah diprediksi sebelumnya. Suatu aspek penting dari rencana adalah potensinya untuk memotivasi orang untuk berkinerja dengan cara yang konsisten dengan tujuan perusahaan; (2) Menetapkan Metode perhitungan biaya yang memungkinkan pengendalian aktivitas, mengurangi biaya, dan memperbaiki kualitas; (3) Mengendalikan kuantitas fisik dari persediaan, dan menentukan biaya dari setiap  produk dan jasa yang dihasilkan untuk tujuan penetapan harga dan untuk evaluasi kinerja dari suatu produk, departemen, atau divisi; (4) Menentukan biaya dan laba perusahaan untuk periode akuntansi satu tahun atau untuk  periode lain yang lebih pendek. Hal ini termasuk menentukan nilai persediaan dan harga pokok penjualan sesuai dengan aturan pelaporan eksternal; (5) Memilih di antara dua atau lebih alternatif jangka pendek atau jangka panjang, yang dapat mengubah pendapatan atau biaya.

Akuntansi biaya berhubungan dengan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, yang menyediakan informasi tentang biaya yang dapat digunakan baik untuk pihak ekstern maupun pihak intern. Jika akuntansi biaya digunakan untuk akuntansi keuangan, berarti digunakan untuk mengukur harga pokok produksi dan harga pokok penjualan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jika digunakan untuk kepentingan intern, informasi akuntansi biaya disediakan untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.Hubungan antara akuntansi keuangan dengan akuntansi biaya saling berkaitan karena akuntansi keuangan menganggarkan dana atau kas untuk memproduksi suatu barang atau jasa pada periode tertentu, sedangkan akuntansi biaya mencatat dan mengontrol biaya mulai dari proses produksi sampai dengan pendistribusian barang atau jasa dan menghasilkan laporan yang digunakan oleh bagian akuntansi keuangan sebagai  pelaporan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan.

Penerapan Akuntansi biaya pada lingkungan ekonomi modern sangat bisa diaplikasikan dalam sebuah perusahaan industri maupun manufaktur. Karena akuntansi biaya digunakan untuk menghitung biaya-biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi barang maupun jasa dalam sebuah perusahaan industri maupun manufaktur.Akuntansi biaya dikembangkan untuk membantu manajemen dalam meraih daya saing, seperti pada komponen biaya produksi, perhitungan harga pokok produk berbasis akivitas, dan perhitungan harga pokok keizen.

Komponen biaya produksi pada lingkungan operasi kontemporer menekankan pada otomasi yang mengakibatkan pergeseran dari labor intensive ke capital intensive. Akibatnya, terjadi perubahan komposisi biaya produksi karena biaya tenaga kerja langsung memiliki komposisi yang kecil dalam biaya produksi, sedangkan biaya overhead pabrik memiliki komposisi yang signifikan dalam biaya produksi. Biaya produksi berubah dari tiga komponen menjadi dua komponen, yaitu biaya bahan baku langsung dan biaya konversi yang merupakan gabungan biaya overhead pabrik dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya konversi adalah biaya yang terjadi untuk merubah bahan baku menjadi barang jadi.

Perhitungan harga pokok produk berbasis akivitas pada Akuntansi biaya harus mampu memberikan informasi biaya yang akurat mengenai suatu objek biaya untuk mendukung pengambilan keputusan. Perubahan mendasar pada akuntansi biaya adalah menfokuskan pada aktivitas atau proses, bukan pada fungsi produksi atau unit dalam organisasi. Aktivitas ditentukan dengan menganalisis proses bisnis atau rantai nilai. Logika perhitungan harga pokok produk berbasis aktivitas adalah untuk menghasilkan produk diperlukan aktivitas, untuk melaksanakan aktivitas diperlukan sumber daya dan setiap sumber daya memiliki biaya. Karenanya sumber daya dibebankan pertama kali ke aktivitas dan biaya aktvitas selanjutnya dibebankan ke produk.

Perhitungan harga pokok keizendirancang untuk menjamin perbaikan berkelanjutan. Konsep dasar Kaizen costing adalah pada pengurangan biaya. Kaizen costing menetapkan target pengurangan biaya yang harus dicapai, bukan target biaya yang yang harus dicapai sebagaimana dalam akuntansi biaya tradisional. Target pengurangan biaya ditetapkan setiap bulan yang dibandingkan dengan pengurangan biaya sesungguhnya. Jika terjadi perbedaan, maka perbedaan tersebut diinvestigasi untuk menemukan penyebabnya. Jika pengurangan biaya sesungguhnya lebih besar dari target pengurangan biaya, maka kinerja manajer lebih baik.

Dilihat dari peranan akuntansi biaya dalam lingkungan ekonomi modern diikuti oleh perkembangan ekonomi secara besar-besaran, mendorong banyak perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang  bermunculan. Untuk itu sangatlah penting mempelajari akuntansi biaya dalam kaitannya perkembangan ekonomi global saat ini.