Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Ada cara ampuh untuk menyampaikan keluh kesah. Salah satunya diungkapkan veteran langsung kepada Bupati Sidoarjo, Syaiful Illah.
Melalui forum Coffe Morning Bupati Sidoarjo, bersama veteran se wilayah Kanminvetcad V/29, Jum’at (3/5) di Aula Kantor Kanmitvetcad V/29 Sidoarjo, para veteran menyampaikan
Keluhannya. Diantaranya, menyampaikan, pembangunan Gedung Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan Sidoarjo yang baru karena Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan Sidoarjo selama ini menempati gedung pinjaman dari Pemerintah Kabupaten/Pemkab Sidoarjo.

Kababinminvetcaddam V BJ. Kolonel.CZI. Bayu Ekawan, S.Sos., menyampaikan, bahwa pertemuan ini diadakan untuk berdialog dan mendengarkan keluh kesah dari para veteran yang ada di Sidoarjo yang berjumlah sekitar 4.500 veteran yang ada di wilayah kanminvetcad V/29 Sidoarjo.

”Saya menyampaikan kabar gembira bahwa telah terbit undang-undang baru tentang kenaikan tunjangan Veteran dari yang sebelumnya 1,8 juta menjadi Rp 2 juta untuk golangan A yang diikuti juga untuk golongan B sampai dengan golongan E sesuai dengan besaran masing-masing yang diterima sesuai golongan,” tambah Kolonel Bayu Ekawan.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH.M.Hum, menyampaikan, rasa kagum dan bangga, atas perjuangan para veteran yang tidak pernah padam. Tak terpengaruh usia dan tetap ingin selalu berkarya untuk membangun bangsa, yang tergabung di dalam Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan Sidoarjo. Sungguh ini merupakan semangat juang yang patut diteladani.

Terutama di tengah kondisi bangsa seperti saat ini. Dimana semangat kebangsaan yang semakin hari terasa semakin pudar, kerelaan berkorban demi bangsa dan negara yang semakin hilang, digantikan pamrih atas sebuah prestasi, untuk kepentingan pribadi dan semata-mata untuk mencari keuntungan.

“Saya menghimbau kepada seluruh veteran se-Kabupaten Sidoarjo, agar tetap ber-semangat di dalam membangun dan membesarkan cita-cita Bangsa Indonesia. Jangan sampai kita terpecah. Sehingga menimbulkan gesekan-gesekan satu sama lain, yang diakibatkan perbedaan sudut pandang atau pendapat, di dalam melaksanakan kegiatan tertentu,” katanya.

Bupati menyampaikan untuk membuat dan mengirimkan proposal kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo atas pembangunan gedung kantor Kanmitvetcad V/29 Sidoarjo yang baru, yang kemudian dilanjutkan dengan secara simbolis memberikan Dana Kehormatan Veteran, Tunjangan Veteran dan Tunjangan Janda/Duda/Yatim Piatu Veteran Pejuang Pembela Kemerdekaan RI.

Bagi veteran yang merasa kesulitan dalam mengurus tabungan pensiunan atau yg lebih dikenal sebagai taspen pada kesempatan ini hadir pengurus Bank BRI dimana para veteran bisa bertanya dan berdialog langsung. (uko)