Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Wisata Jawa Timur/Jatim menuju dunia. Apalagi ada even tahunan seperti Majapahit International Travel Fair/MITF. Karena itu, tak berlebihan jika Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menginginkan promosi pariwisata menjadi alat promosi wisata berbasis pedesaan yang sudah banyak dikembangkan di propinsi ini.

Wanita pertama yang menjabat Gubernur Jatim ini ingin agar desa-desa di Jatim bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya untuk dijadikan sebagai desa wisata. Pasalnya dengan adanya dana desa dan dihubungkan dengan kondisi Jatim yang angka kemiskinan pedesaannya tinggi. Pengembangan desa wisata menjadi alat untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Direktur PT Debindo Mitra Tama, Dadang, menambahkan, kegiatan utama MITF 2019 adalah acara rutin yang sudah dilakukan setiap tahun. Acara ini sangat membantu memasarkan seluruh destinasi pariwisata. Baik untuk tujuan wisata nasional maupun internasional. Selain industri pariwisata, kegiatan ini juga diikuti sejumlah desa wisata yang cocok buat traveler. Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri, Desa Wisata Watu Karung Pacitan, Desa Wisata Pujon Kidul Malang dan Kampung Lawas Surabaya. Kehadiran desa wisata itu memperkuat tema yang diangkat, yaitu Explore Tourism Village.

Selain itu juga ada berbagai perlombaan menarik. Seperti Lomba “Macak Kue Coklat” dan Lelang Kue, Cake Decoration Competition, hingga Guiding Competition oleh Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI). Bukan itu saja, HMPI juga akan mengadakan talkshow hingga jugling perform.
Banyak Talkshow yang di sajikan, seperti “Ngaji Budaya Masuknya Islam di Tanah Jawa” oleh ODOJ Surabaya ft Bunda Fatih.

Ada juga penampilan kesenian dari berbagai daerah. Seperti dari Kabupaten Jember, Provinsi DKI Jakarta, serta Kabupaten Sleman. Dan yang gak boleh dilewatkan adalah Pemilihan Raka-Raki dan Putra Putri Pariwisata 2019. Program ini dipegang langsung Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI). Ada juga Talkshow wisata oleh Akademi Pariwisata (AKPAR) Majapahit. Talkshow lainnya pun tak kalah serunya, yaitu mengenai Revitalisasi Kota Tua.

Ragam acara disajikan dalam MITF 2019. Misalnya ada Tourism Exhibition, Travel Exchange, Cultural Performances, Farm Trip, hingga MICE Forum. Mengingat setiap tahun acara MITF selalu sukses. Maka pada tahun ini MITF masuk dalam Calender of Event 2019 Kementerian Pariwisata. MITF yang digelar selama empat hari ini diikuti 120 buyers dari 14 negara. (farid/stv)