Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Upaya mengajak masyarakat gemar membaca dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya, dengan menggiatkan kampung literasi di berbagai daerah. Diharapkan dengan adanya kampung literasi ini semakin menggemarkan masyarakat untuk membaca dan berliterasi.

Dihias semenarik mungkin dengan berbagai tatanan dan corak warna di sepanjang sisi jalan desanya. Kampung literasi di Desa Tebel Barat Sidoarjo, ini menyita perhatian khalayak luas. Bukan, hanya karena suasana indah dan asri yang ditampilkan, namun, konsen dan memberi perhatian lebih pada budaya literasi tampak terlihat jelas ditonjolkan di tempat ini.

 

Resmi dibuka istri Wakil Gubernur Jatim, Arumi Bachsin, beserta Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin, kampung literasi di Desa Tebel Barat RT 01/RW 01, diperkenalkan kepada publik. Wabub Sidoarjo, yang akrab disapa Cak Nur, ini berharap budaya literasi semacam ini akan terus digiatkan utamanya di berbagai daerah.

Seperti diketahui di kampung literasi ini, budaya literasi dibangun dengan menyediakan ribuan buku dengan berbagai topic. Mulai dari buku dongeng untuk anak-anak hingga buku sastra serta berbagai bacaan buku agama.

Buku-buku tersebut tertata rapi di sejumlah sudut lingkungan yang disimpan dalam micro library, yang setiap saat bisa dimanfaatkan pengunjung, dengan membaca buku tersebut secara gratis. (agung/stv)