Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kiprah prajurit Kodam Brawijaya Batalyon Zeni Tempur V/Arati Bhaya Wighina (Yonzipur V/ ABW) adalah satuan setingkat batalyon bantuan tempur dibawah Komando Daerah Militer V/ Brawijaya. Batalyon organik Kodam ini bermarkas di dua tempat. Yakni, di dekat Stadion Kanjuruhan Kepanjen Malang dan 1 Kompi bermarkas di Babat Lamongan.

Untuk membantu mempercepat proses recovery (pemulihan) bencana gempa bumi di Lombok dan Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu yang lalu, Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya Mayor Jenderal/ Mayjend TNI Wisnoe Prasetja Boedi, memberangkatkan pasukan dari Yonzipur V/ABW Kamis (21/2) kemarin.

Upacara pemberangkatan pasukan dilakukan di markas Yonzipur V/ABW di Kepanjen Malang.

“Tugas ini merupakan kebanggaan dan kehormatan kepada prajurit,” kata Pangdam V/ Brawijaya Mayjend Wisnoe Prastja Boedi kepada Kamis (21/2) kemarin.

Pangdam menginspeksi pasukan Yonzipur V/ABW yang akan diberangkatkan ke NTB. (Foto/ist)

Selama di NTB, prajurit bersemboyan Bhirawa Anoraga tersebut akan bertugas mempercepat rehabilitasi dan rekontruksi sarana serta prasarana sosial yang rusak akibat gempa.

“Saya berharap kedatangan Satuan Tugas (Satgas) Yonzipur V/ABW di NTB dapat memberikan sumbangan terbaik membantu masyarakat yang terdampak gempa,” jelas mantan Komandan Korem Bhaskara Jaya ini.

Selain berpengalaman dalam operasi perang, Satuan berlambang kepala banteng dalam perisai ini juga mahir dalam operasi. Antara lain, dalam tugas pasca bencana di Wasior beberapa waktu yang lalu.

“Saya yakin prajurit Yonzipur V/ABW mampu dengan cerdas menyelesaikan tugas,” tambah mantan Wakil Gubernur Akademi Militer ini. (nanang)