Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Seni Puding Art. Puding art itu sendiri adalah membuat gambar atau bentuk sebuah benda dalam puding, bisa berbentuk bunga, daun, binatang, ataupun wajah manusia. Bahan kanvas terdiri dari agar-agar, nutrijel, gula, dan air. Untuk bahan suntikan terdiri susu UHT, vanila, gula. Sedangkan bahan penutup terdiri dari Susu UHT, nutrijel, agar-agar, dan air.

Seni puding art beberapa tahun ini dikembangkan Elny Thirdyana, seorang pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) warga jalan Sidotopo Wetan Surabaya. Bertempat di Rumah Kreatif Mandiri, Jalan Khairil Anwar, Elny melatih sekitar 20 peserta UMKM untuk belajar membuat puding art. “Peserta diajari membuat bentuk bunga matahari dan bunga mawar. Mulai dari kelopak sampai daun,” kata owner E’lny Puding Art, Elny Thirdyana kepada bisnissurabaya.com Jumat (15/2) siang.

Masing-masing peserta melakukan praktek langsung dengan cara pembuatan bentuk bunga mawar dengan menggunakan alat suntik untuk membentuk adonan puding cair yang sudah diasukkan dalam wadah mangkuk plastik kecil.

“Pada proses penyuntikan, butuh ketenangan dan ketelitian ekstra karena kunci keberhasilan ada disini,” jelas ibu satu anak ini. Kegembiraan terpancar dari wajah para peserta, saat mereka berhasil mempraktekkan pembuatan puding art bunga mawar. “Alhamdulilah, semua peserta mampu menyerap materi yang diajarkan,” tambah perempuan manis berhijab ini.

Peserta pelatihan kali ini tak hanya terbatas dari Surabaya, tapi juga ada dari Sidoarjo. Tampak beberapa pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan tersebut antara lain: Sumarni, Asih, Aryati Suroso, Listyorini, Retno Rini, Kristiana Iswati, Dina, Nur, Emil, Ariani dan Peni. (nanang)