Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2019 mengungkap 77 kasus narkoba dan minuman keras (Miras) oplosan dengan 99 tersangka. Operasi digelar sejak 26 Januari hingga 6 Februari lalu mengamankan dan menyita barang haram sebanyak 1.084,32 gram sabu-sabu, ganja tujuh gram, Pil LL 1.809 butir dan ratusan miras yang disita.

“Hasil giat operasi ini, berhasil ungkap kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu juga miras oplosan,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol, Zain Dwi Nugroho, didampingi Kasat Reserse Narkoba Kompol Sugeng Purwanto, di Mapolresta Sidoarjo, Senin (11/2) lalu. Ia menjelaskan, untuk 99 tersangka kasus peredaran miras oplosan tersebut,  pihaknya sudah memberikan penindakan hukum.

Selian itu, Zain mengajak seluruh elemen masyarakat ikut serta dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan terkendali. Apalagi, menjelang Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. “Pentingnya kerja sama antara masyarakat dan pihak kepolisian, khususnya dalam rangka memerangi serta memberantas peredaran narkoba dan miras oplosan, karena kegiatan ini bisa menghancurkan masa depan generasi muda di wilayah hukum Sidoarjo,” pungkasnya.

Beberapa barang bukti juga ikut disita. Antara lain, handpone sebanyak 58 unit dan uang sebesar Rp 2.512.000. Dari hasil ungkap kasus tersebut, tersangka dijerat dengan pasal 112 ayat (1 dan 2), pasal 114 ayat (1 dan 2), pasal 196 KUHP dan pasal 197 KUHP. (ttk)