Ini Cara Mengatasi Kegelapan Jalan dengan Tenaga Surya

34
Penerangan jalan tenaga Surya. Foto/sam

Gresik, (bisnissurabaya.com) – Lokasi jalan raya yang sulit dijangkau aliran listrik diupayakan bisa terang dengan sumber tenaga lain. Beberapa ruas jalan di Gresik kini tidak gelap lagi  di malam hari dengan menggunakan tenaga surya.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK) Migas, Dwi Sucipto, meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas Gresik Jawa Timur/Jatim, Sabtu (9/2).

Dalam kegiatan ini, Dwi Sucipto, mewakili Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) didampingi  Bupati Gresik Dr Sambari Halim Radianto. Turut hadir  Nasirul Falah Amru anggota Komisi VII DPR RI serta Noor Arifin Muhammad Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM.

Mereka melakukan peresmian itu dengan ditandai penekanan tombol secara bersama untuk menghidupkan lampu yang ada di panggung kehormatan.

Bupati Gresik menyampaikan apresiasi  kepada Kementerian ESDM yang telah banyak memberikan bantuan kepada masyarakat Gresik.

“Saya mewakili masyarakat dan selaku Pemerintah Kabupaten Gresik menyampaikan banyak terima kasih. Banyak sekali bantuan yang kami terima dan saat ini banyak bermanfaat bagi masyarakat kami,” kata Sambari.

Menurut Bupati, Tahun 2016 Kementerian ESDM telah membantu masyarakat Gresik sebanyak 120 LED dan pada tahun 2018 juga telah membantu PJU-TS sebanyak 150 titik.

Menurut Bupati Sambari, pihaknya sangat mendukung program kementerian ESDM yaitu transformasi energi dari  konvensional menuju energi baru yang terbarukan.

“Selama masa bakti saya, kami telah mentargetkan melakukan pemasangan PJU-TS sebanyak 15.000 titik dengan biaya APBD. Saat ini telah terpasang 8.500 titik. Semoga sampai akhir masa bakti saya nanti kekurangan 6.500 titik bisa kami selesaikan,” harap bupati.

Kepada Kepala SKK Migas itu, Bupati Sambari juga menjelaskan banyaknya perubahan yang ada di Wilayah Kabupaten Gresik.

“Gresik sekarang sudah banyak berubah. Kami banyak menghadirkan investor yang sudah membangun mall, hotel serta beberapa industri besar maupun kecil,” jelas Sambari.

Mendengar penjelasan Sambari yang memang sudah mengenal Bupati Kelahiran Dukun Gresik ini, Dwi Sucipto menyatakan kekagumannya.

“Sata tadi lewat memang sempat heran. Memang banyak sekali perubahan di Gresik dan saat ini benar-benar menjadi kota metropolitan,” katanya.

Terkait masuknya investasi ke Gresik, Dwi Sucipto mengaku bahwa banyak investasi masuk ke Gresik dan Jawa Timur.

“Kita harus lebih pro aktif untuk mencari dan  mendatangkan investor. Kami berharap lifting minyak dan gas bumi di Gresik terus meningkat. Tentu saja hal ini akan memancing investor unutk masuk,” papar mantan Direktur Utama  Semen Gresik itu.

Tentang program PJU-TS Pemkab Gresik, Dwi Sucipto siap mendukung. Silahkan koordinasikan dengan kami. “Kami juga titip kepada masyarakat dan pemerintah agar bantuan PJU-TS ini dijaga dan dirawat. Apabila ada kerusakan segera hubungi kami,” pintanya. (sam)