Mataram, (bisnissurabaya.com) – Xmart Donasi #PeduliLombok, mulai disalurkan. Program yang bertujuan memfasilitasi pelanggan untuk secara mudah memberikan bantuan donasi bagi masyarakat korban Gempa Bumi Bencana di Lombok ini berhasil mengumpulkan dana hampir Rp 20 juta. XL Axiata menyerahkan donasi ini kepada sejumlah perwakilan warga korban bencana.

Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, mengatakan, selama ini program Xmart Donasi atau sebelumnya XL mengenalnya sebagai SMS donasi, cukup efektif menjadi sarana mempermudah pelanggan XL Axiata untuk turut berpartisipasi meringankan masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Mulai dampak bencana, masalah kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan anak, pemanfaatan ICT, pelestarian sastra budaya, hingga konservasi lingkungan. Penyaluran donasi ini juga merupakan tanggung jawab kami atas amanah yang diberikan para pelanggan untuk bisa disalurkan kepada warga korban bencana. Berapapun besarnya, donasi ini menunjukkan kepedulian dari para pelanggan dan masyarakat atas musibah yang dihadapi saudara-saudara kita di Lombok yang terlanda musibah. Semoga dana donasi yang terkumpul dari pelanggan ini bisa dimanfaatkan masyarakat terlanda bencana. “Kami menyampaikan terima kasih kepada pelanggan yang telah mempercayakan untuk menyalurkan donasi tersebut kepada warga korban,” kata Imam.

Ia menambahkan, dana donasi pelanggan XL Axiata untuk masyarakat Lombok ini sekaligus merupakan kelanjutan dari program dukungan XL Axiata untuk pemulihan Lombok pasca bencana. Dana donasi ini selanjutnya akan dimanfaatkan untuk perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum dibeberapa titik di Lombok. Seperti rumah ibadah, sekolah hingga fasilitas umum.

Penyerahan donasi dilakukan pada 10 dan 12 Januari lalu di lima tempat. Yaitu, Masjid di Desa Teluk Nare dan Masjid Jami’ Baitulrahman Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Kantor Desa Dangiang di Kecamatan Khayangan Kabupaten Lombok Utara, Masjid Al-Islahudin dan TPQ Perempung di Desa Prempung Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, dan Masjid Al-Mustaqim di Mataram.

Sebelumnya, XL juga telah menyalurkan bantuan ke masyarakat yang terdampak Bencana Gempa Bumi di Lombok, antara lain berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, tenda, dan sarana Telekomunikasi baik di pengungsian maupun untuk sekolah darurat. Serta memberikan dukungan ratusan perangkat komunikasi dan Paket data untuk Pusat Komando (Command Center) penanggulangan bencana oleh Pemerintah Provinsi NTB. Sementara itu, XL Axiata juga telah menyalurkan dana SMS Donasi pelanggan ke masyarakat yang terdampak Bencana di Palu dan sekitarnya dengan periode program 1 Oktober -31 Oktober 2018, penyerahannya juga langsung diberikan ke masyarakat yang membutuhkan untuk perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum. (bw)