Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di jalan Gajah Mada – Sisingamangaraja – Raden Patah dipindah ke Sentra PKL Gedung ex China dan Matahari lantai dasar. Relokasi PKL di tiga tempat tersebut dilakukan untuk memperlancar arus lalu-lintas di kawasan tersebut. Khususnya arus lalu-lintas jalan Gajah Mada yang merupakan akses utama jalan protokol. Selain itu, trotoar jalan berfungsi kembali untuk pe-jalan kaki. Selama ini, trotoar jalan gajah mada dipenuhi PKL yang menyebabkan terganggunya pejalan kaki.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati, yang selama ini intensif melakukan komunikasi dengan PKL merasa lega dengan relokasi tersebut. Fenny, bekerjasama dengan Satpol PP terus mensosialisasikan kemanfaatan yang diperoleh PKL apabila mau pindah. “Di sentra PKL ex China Gajah Mada ini, selain tempatnya strategis dengan dilengkapi lahan parkir yang luas, PKL tak perlu repot lagi memindah gerobaknya, karena di sentra PKL ini sudah aman karena dijaga Satpol PP,” kata Fenny, yang resmi menduduki posisi baru sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Sidoarjo ini.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, berterimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu memperlancar relokasi. Terutama PKL yang dengan kesadarannya turut berpartisipasi memindahkan dagangannya ke sentra PKL ex China. “Kepada PKL saya ucapkan terimakasih atas kesadarannya bersedia di relokasi. Saya berharap setelah ini tidak ada lagi PKL yang berjualan di trotoar karena mengganggu pejalan kaki dan menyebabkan kemacetan,” ujarnya. (rino)