Lamongan, (bisnissurabaya.com) – Nelayan di kawasan Pantura Lamongan dalam beberapa hari ini tak lagi mencari ikan. Penyebabnya, karena tingginya ombak disertai kencangnya angin membuat nelayan enggan melaut. Mereka takut cuaca dapat mengancam keselamatan mereka. Lebih dari satu minggu ini, ratusan nelayan di Pantura Kabupaten Lamongan tak lagi melakukan aktifitas mencari ikan ke tengah laut.

Tingginya ombak disertai kencangnya hembusan angin membuat nelayan untuk sementara mengurungkan niatnya mencari nafkah. Sembari menunggu cuaca kembali membaik, nelayan hanya beraktifitas dengan memperbaiki perahu atau jaring ikan tangkapannya yang rusak.

Joko salah satu nelayan Blimbing Paciran mengaku, sudah hampir dua minggu terakhir ini nelayan di Pantura tak pergi melaut. Hal ini dikarenakan adanya himbauan dari pihak Syahbandar yang melarang nelayan mencari ikan, demi keselamatan selama cuaca buruk.

Nelayan mengaku, cuaca tidak bersahabat diawal tahun. Cuaca seperti ini, biasanya, bisa terjadi hingga tiga bulan kedepan. Kondisi ini membuat ratusan nelayan resah lantaran mata pencaharian warga hanya berprofesi sebagai nelayan. Sehingga, selama cuaca buruk tidak ada lagi penghasilan yang didapat untuk kebutuhan keluarga. (bashoir/stv)