Blitar, (bisnissurabaya.com) – Rombongan Presiden RI Joko Widodo yang baru saja tiba di lokasi rehabilitasi irigasi primer, di Kelurahan Jegu, Kabupaten Blitar. Dengan didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulyo, serta Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Presiden Jokowi langsung meninjau lokasi proyek tersebut.

Rehabilitasi irigasi primer di Kelurahan Jegu ini, sepanjang 16 kilometer untuk mengairi 12 ribu hektar sawah milik petani di Blitar Raya. Proyek rehabilitasi ini menghabiskan dana sekitar 162, 8 miliar rupiah, mulai tahuan 2017-2020, dan baru terealisasi 22,29 persen.

Usai melakukan peninjuan, Presiden menyampaikan jika irigasi primer di Kelurahan Jegu ini, sudah  cukup lama, yakni 37 tahun tidak pernah dilakukan perbaikan. Rehabilitasi ini, juga merupakan bagian dari target 3 juta hektar pengairan di tanah air selama lima tahun.

Usai meninjau proyek rehabilitasi irigasi, rombongan Jokowi menuju proyek normalisasi Kali Bogel, makam Bung Karno dan pendopo Kabupaten Blitar untuk membagikan sertifikat gratis. (khoirul/stv)