Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Festival barang kuno dari Komunitas Surabaya Vintage Community/SVC kembali digelar di Surabaya. Kali ini, Komunitas SVC mengusung thema Surabaya Heritage Festival. Berbagai koleksi kuno dapat dijumpai disini. Mulai barang antic, numismatic, hingga barang-barang sejarah lainnya. Event ini mendapat antusias dari masyarakat Surabaya.

Berbagai barang kuno unik di pamerkan dalam Surabaya Heritage Festival, yang digelar di Pakuwon Trade Center Surabaya. Ratusan barang yang di pamerkan rata-rata dari zaman Belanda hingga awal kemerdekaan Indonesia. Mulai dari barang jadul, numismatik atau uang kuno.

 

Dokumen foto tempo dulu, serta barang-barang bernilai sejarah lainnya. Acara ini, merupakan agenda tahunan yang diadakan komunitas SVC dengan anggotanya yang mencapai 200 orang. Komunitas ini bergerak dibidang industri kreatif, juga turut  membantu anak muda di Surabaya maupun Indonesia untuk menjadi kolektor barang-barang kuno, yang nantinya bisa memiliki nilai jual cukup tinggi.

Ketua Pelaksana, Ali Budiono, mengatakan, barang-barang ini diperoleh dari sesama anggota komunitas di Surabaya maupun luar daerah dan juga bisa didapatkan dari masyarakat sekitar. Selain itu, barang yang di pamerkan juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Yakni, mencapai milyaran rupiah.

Rencananya, komunitas ini bisa berkembang lebih besar lagi dan memiliki barang kuno yang terus memberi nilai edukasi kepada anak muda. Agar anak muda mengenal sejarah bangsa Indonesia melalui barang-barang kuno peninggalan para pendahulunya. (rani/aang/stv)