M Khoirul Rijal : Prihatin Rendahnya Kesadaran Konsumsi Makan Ikan

103

Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H yang hampir bersamaan dengan peringatan Hari Ikan Nasional setiap 21 November, Masjid Joglo Roudlotul Muttaqin, Wage, Kabupaten Sidoarjo menggelar Ngaji dan Ngopi Subuh Berjamaah yang dilanjut dengan membakar ikan bersama jamaah.

“Sengaja kegiatan ini dibuat berbeda dengan umumnya, karena pengurus ingin membudayakan gemar makan ikan (GEMARIKAN) pada anak-anak sesuai keinginan dan target pemerintah agar generasi akan datang menjadi generasi unggul dan cerdas,” kata Direktur Masjid Joglo Roudlotul Muttaqin, M Khoirul Rijal, Senin (26/11) kemarin.

Bakar ikan

Menurut dia, kegiatan tersebut sebenarnya dilaksanakan pada, Minggu (25 /11) pagi kemarin. Panitia sengaja memilih membakar ikan, lantaran ikut prihatin dengan masih rendahnya kesadaran konsumsi ikan nasional. “Masjid Joglo ingin ikut dan mendukung program pemerintah dalam upaya mewujudkan generasi emas yang akan datang,” terangnya.

Gemarikan. (Foto/ist)

Merujuk data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akhir 2017 menyebutkan, konsumsi ikan masyarakat mencapai angka 43 kilogram per kapita per tahun. Angka tersebut, akan terus digenjot naik hingga mencapai 46 kilogram per kapita per tahun pada 2018 dan 50 kilogram per kapita per tahun pada 2019.

“Komitmen ini harus mendapatkan dukungan semua pihak, termasuk masjid. Karena masjid setiap waktu berhadapan langsung dengan jamaah atau umat yang tak lain juga warga negara,” jelasnya. Pada kegiatan “Ngaji dan Ngopi Subuh Berjamaah di Masjid Joglo kemarin, hadir sebagai pembicara yakni KH Ilhamullah Sumarkan dari UIN Sunan Ampel, Surabaya. Kegiatan ini, rutin dilakukan setiap bulan sebagai upaya memakmurkan masjid.” Tema yang kami pilih setiap kegiatan beragam, sesuai kebutuhan ummat dan bersifat nasional,”katanya. (bw)