Warga kampung unik yang super kreatif. (Foto/nanang)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kiprah warga Ujung Galuh. Kegembiraan di wajah ibu-ibu kader lingkungan di RT 7 RW IV Kelurahan Darmo Kecamatan Wonokromo Surabaya tak bisa disembunyikan. Apalagi, saat namanya disebut sebagai 75 RT terbaik dalam lomba green and clean dengan kategori maju 2018.

Memang benar kata pepatah, bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Sudah berbula-bulan warga di kampung Darmo Rejo ini menyiapkan diri mengikuti lomba tahunan ini. Berbagai kegiatan dan pembenahan dilakukan untuk memenuhi faktor dan indikasi penilaian yang ditetapkan. Mulai dari menjaga kebersihan dan kerindangan kampung sampai program edukasi masyarakat.

M Sholehudin, Ketua RT 10 Darmo Rejo. (Foto/nanang)

“Sebenarnya, tujuan utama dari mengikuti lomba ini dalam rangka perubahan perilaku masyarakat disini,” kata Ketua RT 07 RW 04 Kelurahan Darmo M Sholehudin kepada bisnissurabaya Minggu (26/11) kemarin.

Kampung Darmo Rejo merupakan kampung unik. Selain letaknya yang berada di kawasan elit Jalan Raya Darmo. Kampung ini memiliki sejarah panjang. Karena, sekitar kampung ini dulunya merupakan wilayah Pacekan atau Ujung Galuh yang merupakan cikal bakal Kota Surabaya.

“Bekal sejarah yang dimiliki kawasan ini mendorong kami lebih giat dalam memajukan masyarakat disini,” jelas pria yang juga Wakil Ketua Karang Taruna Surabaya ini. Sebagai Ketua RT, Cak Udin panggilan akrab Sholehudin tidak hanya mempercantik tampilan fisik kampungnya, tetapi juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

membuat sudut baca, menentukan waktu jam belajar bagi anak-anak, hingga mendorong warganya memanfaatkan bahan sampah kemasan menjadi produk daur ulang yang mempunyai nilai ekonomis.

“Alhamdulillah, sekarang warga disini punya pemasukan baru yang bersumber dari penjualan produk daur ulang,” tambah laki-laki jangkung yang berambut gondrong ini.

Prosesi awarding atau pengumuman pemenang lomba green and clean tanggal 18 November lalu bertambah semarak. Karena dilaksanakan di sela-sela acara Mlaku Mlaku Nang Tunjungan. (nanang)