Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pemungutan suara melalui sistem e-voting bakal calon rektor (bacarek) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) ditutup Kamis (22/11) pukul 16.00 Wib. Dari hasil e-voting seluruh sivitas akademika ITS berhasil memunculkan lima nama Bacarek dengan jumlah suara tertinggi.

Berdasarkan hasil e-voting diperoleh lima suara terbanyak, yakni Prof Dr Ir Mochammad Ashari sebanyak 25,25 persen, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto 12,07 persen, Bambang Pramujati ST 10,99 persen, Dr Eng Muhammad Badrus Zaman 9,32 persen, dan Adjie Pamungkas ST MDev Plg PhD sebesar 7,39 persen.

Prof Dr Darminto. (Foto/ist)

Ketua panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) ITS Periode 2019 – 2014, Prof Dr Darminto mengatakan, lima bacarek suara terbanyak berdasarkan hasil voting ini diambil dari 15 pendaftar bacarek ITS sebelumnya. “Setelah terpilih lima suara terbanyak ini, Majelis Wali Amanat (MWA) akan mengeluarkan surat keterangan terkait lima bacarek tersebut,” kata guru besar Fisika ini yang didampingi ketua tim IT untuk e-voting, Dwi Sunaryo.

Menurut dia, lima bacarek terpilih akan kembali melakukan pemaparan rencana dan tujuan strategisnya pada rapat terbuka Senat Akademik ITS pada 5 Desember mendatang. “Rapat ini juga bisa dihadiri seluruh kalangan,” lanjut Sekretaris MWA ITS ini.

Setelah itu, kata dia, pada 12 Desember 2018 akan diadakan rapat tertutup oleh Senat Akademik yang beranggotakan 70 orang. “Dari rapat tertutup ini akan diseleksi lagi kelima bacarek yang terpilih tadi menjadi tiga calon rektor,” papar mantan Wakil Rektor IV ITS tersebut.

Ia mengatakan, tiga calon rektor (carek) akan didiskusikan pada rapat MWA yang digelar sekitar pertengahan atau akhir Desember mendatang. “MWA akan menghadirkan seluruh anggotanya termasuk meristekdikti, gubernur, anggota masyarakat, dan alumni,” bebernya.

Berdasarkan hasil musyawarah MWA nantinya, dari tiga carek tersebut akan ditentukan rektor ITS terpilih untuk periode 2019 – 2024. “Apabila tidak dicapai hasil musyawarah, maka akan dilakukan voting diantara anggota MWA, termasuk suara menristekdikti sebesar 35 persen,” tutur Darminto.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini proses pemilihan rektor di ITS berjalan dengan lancar. “Semoga pemilihan rektor ini bisa terus berjalan lancar hingga pelantikan rektor terpilih pada April 2019 nanti,” pungkas Darminto. (bw)