Anna Theodora : Bahasa Inggris Wajib Dikuasai Siswa

199

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kemampuan anak berbahasa Inggris menjadi penentu kesuksesan anak didik di masa depan. Apalagi, Bahasa Inggris wajib dikuasai semua siswa/siswi terutama di masa MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sedang dihadapi. Karena itu, EF English First mengadakan kompetisi EF Spelling Bee yang dimaksudkan untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak-anak Indonesia dalam menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa global serta mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Hal itu dikemukakan Center Director, EF English First Surabaya, Anna Theodora, didampingi Marketing Comunication/Marcom, Detara Nabila, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Minggu (11/11) kemarin. Ia menyatakan, lomba yang diikuti 80 SD-SMP ini merupakan kompetisi mengeja kata dalam Bahasa Inggris terbesar di Indonesia yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Detara Nabila

‘’2018 ini, merupakan kompetisi yang ke-15 EF mengeja kata dalam Bahasa Inggris,’’ kata Anna Theodora, sambil menjelaskan even EF Spelling Bee Surabaya diikuti kurang lebih 1.000 peserta dari berbagai kategori dan jenjang sekolah. Di Surabaya, kompetisi EF Spelling Bee diadakan sejak 2003 dan menjadi kompetisi tahunan sejak 2009 dengan guru penutur asli Bahasa Inggris atau native speaker yang sudah tersertifikasi internasional sebagai juri dari EF Spelling Bee.

Menurut Detara, kompetisi EF Spelling Bee 2018 ditujukan untuk umum dan diikuti kurang lebih 1000 pelajar dari jenjang sekolah dasar/SD dan sekolah menengah pertama/SMP di Surabaya yang dibagi menjadi empat kategori. Yakni, kategori A untuk pelajar SD kelas 1-2 B. Kategori B untuk pelajar SD kelas 3-4 C. Kategori C untuk pelajar SD kelas 5-6 D. Kategori D untuk pelajar SMP kelas 1-3 dari segi teknis perlombaan.

Suasana EF Spelling Bee. (Foto/bw)

Pada babak Pre-Eliminary atau babak penyisihan, peserta diwajibkan menuliskan ejaan yang benar dari kata-kata yang diucapkan oleh juri ke answer sheet atau lembar jawaban yang telah disediakan. Begitu pula pada babak Semi-Final yang juga dilaksanakan dengan cara tertulis. Babak Semi-Final sendiri diikuti oleh 50% peringkat teratas dari jumlah total peserta yang memiliki skor tertinggi di antara keseluruhan peserta dari babak Pre-Eliminary. Kemudian peserta yang lolos dari babak Semi-Final dihadapkan pada tes mengeja kata dalam bahasa Inggris secara verbal dalam babak Final.

Peserta diharuskan mengeja kata yang sudah disebutkan juri dengan sistem undian. Kompetisi EF Spelling Bee 2018 terdiri dari dua tahap kompetisi. Yaitu, tahap pertama adalah tahap kompetisi yang dimulai ditingkat regional EF se-Indonesia. Tahap kedua adalah kompetisi EF Spelling Bee di tingkat nasional.

‘’Pemenang EF Spelling Bee 2018 Surabaya, mereka berhak mengikuti EF National Spelling Bee Competition 2018 di Jakarta pada 25 November mendatang,’’ ujarnya. (bw)