Tuban, (bisnissurabaya.com) – Insan olahraga di Tuban, utamanya Koni harus berbenah agar dalam perhelatan Porprov Jawa Timur/Jatim 2019 bisa masuk 10 besar. Sebelumnya, kabupaten yang berbatasan dengan Jawa Tengah/Jateng ini hanya berada di posisi 14 di propinsi yang memiliki 38 kota/kabupaten ini.

Penegasan ini dikemukakan Bupati Tuban, Fathul Huda, Ketika membuka PORKAB ke V 2018 di Pendopo Krida Manunggal Tuban Sabtu (3/11) malam.

Defile atlit peserta Porkab Tuban V tahun 2018 saat pembukaan. (Foto/oso)

“Saya berharap Tuban peringkatnya bisa naik di 10 besar. Makanya seluruh insan olahraga di Tuban Bumi Wali harus kerja keras meningkatkan prestasi olahraga,” kata Fathul Huda.

Pembukaan kejuaraan olahraga tingkat kabupaten tersebut berjalan dengan penuh semarak dan cukup meriah. Pasalnya, masing-masing kontingen dari Cabang Olahraga (Cabor) dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban ikut menghadiri pembukaan Porkab V 2018.

Turut hadir dalam pembukaan acara tersebut, para pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban, Wakil Ketua (KONI) Provinsi Jawa Timur, Sucipto, dan beberapa undangan terkait lainnya.

Bupati Tuban dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Porkab ini selain untuk mencari bibit-bibit atlet yang berkualitas, juga sekaligus bisa menjadi ajang untuk persiapan menghadapi Porprov VI Jatim 2019 mendatang. Sehingga diharapkan nantinya Tuban bisa meraih prestasi 10 besar dalam Porprov tahun depan.

“Tuban dalam Porprov VI Jatim 2019 mendatang akan menjadi tuan rumah dari beberapa cabang olahraga, dan saya berharap momen itu Tuban bisa meraih prestasi 10 besar,” ungkap Bupati Tuban yang disambut tepuk tangan para atlet yang hadir.

Terkait prestasi Tuban, Sucipto dalam sambutannya mengatakan, perkembangan atlet di Tuban semakin meningkat dengan banyaknya prestasi yang diraih. Sehingga tidak menuntut kemungkinan nanti Tuban akan masuk prestasi 10 besar dalam Porprov tahun depan.

“Saya yakin Tuban nanti akan tampil lebih baik di Porprov, dan harapan masuk 10 besar bisa terwujud,” terang Sucipto. Wakil Ketua KONI Jawa Timur saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Porkab V Tuban, Ratna Juwita Sari, usai acara menjelaskan Porkab tahun ini akan berlangsung sampai 11 November dengan diikuti 3.602 atlet. Para atlet akan mengikuti 32 cabang olahraga (cabor) yang dilombakan.

“Dari 32 cabor yang dipertandingkan itu, ada 12 cabor di antaranya adalah pertandingan antar kecamatan. Kemudian 13 cabor dipertandingkan antarklub dan 7 cabor eksebisi atau demonstrasi,” pungkas Caleg DPR-RI itu. (oso)