Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pembangunan jamban mendapat perhatian. Karena itu, program yang digalakkan Dinas Kesehatan Surabaya mendapat dukungan Fakultas Kedokteran/FK Unair terhadap program Open Defecation Free (ODF) ini.

Tak berlebihan, bila Ketua Panitia Dies Natalies 2018, Prof Dr Budi Santoso, dr., Sp. OG (K) menjelaskan ODF adalah kondisi yang dicapai ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

“Pasalnya, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses tersebut. Salah satunya dengan memfasilitasi pembangunan jamban,” paparnya.

Pada bagian lain, 10 November mendatang, FK Unair akan memperingati Dies Natalis ke-105 dengan mengadakan serangkaian acara yang diselenggarakan selama tiga hari mulai 9-11 November. “Pererat ikatan untuk menebar kebaikan sebagai upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat dalam bidang kesehatan, teknologi kedokteran, dan humaniora” menjadi landasan dies natalis FK Unair tahun ini.

Karena itu, tingginya antusiasme dari ikatan alumni FK UNAIR menjadikan persebaran titik pengabdian masyarakat semakin meluas mencapai 380 titik di Surabaya. Acara dibuka dengan pelepasan merpati di lapangan FK UNAIR dan dilanjutkan dengan pengabdian masyarakat di setiap titik secara serentak. Bakti sosial serentak oleh Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga angkatan terbanyak ini juga akan tercatat dalam rekor MURI.

Setiap angkatan akan melakukan pengabdian masyarakat di dua atau lebih titik berbeda di Surabaya. Bentuk pengabdian masyarakat yang akan dilakukan meliputi pembangunan jamban, penyuluhan, pelatihan Basic Life Support untuk awam dan team 112 Pemkot Surabaya, sirkumsisi massal, operasi katarak, screening kanker serviks, dan pelayanan kesehatan gratis lainnya.

Acara dilanjutkan dengan malam keakraban “reünienacht” dan peluncuran aplikasi terbaru FK Unair yakni aplikasi “Dokter” IKA. Pada 10 November, akan diadakan beragam kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan alumni FK Unair mulai angkatan 1961-2011. Sesuai dengan namanya, “105 Cahaya di Langit Surabaya”, Dies Natalis FK Unair tahun ini memberikan sumbangsih pada masyarakat dalam bentuk pengabdian di 105 kegiatan sosial di 420 titik yang berbeda di Surabaya. (bw)