Pasar Tradisional Blauran tampak dari depan. (Foto/nanda)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pasar Blauran, dikenal sebagai wisata belanja paling lengkap. Arek-arek Suroboyo sudah tak asing lagi dengan pasar ini. Selain terdapat toko yang menjual buku baru, ada juga yang melego buku pelajaran bekas. Yang paling digemari ibu-ibu muda adalah pasar kuliner yang menawarkan jajanan tradisional yang menggoda lidah.

Di pasar yang strategis karena terletak di tengah kota ini juga dengan mudah membeli segala macam kue basah  dan jajanan tradisional. Harganya pun murah, tak menguras dompet. Bagi warga kota Pahlawan pasti sudah familiar. Jajanan yang dijual di pasar ini fresh setiap hari. Karena kue basah dan jajanan pasar tak tahan lama lebih dari satu hari.

Pengunjung Pasar tradisional Blauran. (Foto/nanda)

Setiap malam menjelang tutup pedagang mengobral jajanan yang belum laku dengan harga separonya. Obral harga inilah yang sangat ditunggu pengunjung. Bahkan, mereka sengaja datang malam hari hanya untuk membeli kue basah yang dijual dengan diskon 50 persen. “Saya  senang sekali berkunjung ke pasar ini karena sangat lengkap dan tidak perlu berpanas-panas. Jadi, kalau ingin belanja kuliner selalu datang kesini,” kata Erni, wanita asal Surabaya kepada bisnissurabaya.com Senin (29/10) kemarin.

Pasar Blauran ini belokasi di Jalan Blauran 24, dekat dengan BG Junction Mall, yang hanya di pisahkan jalan saja. Pasar ini mulai buka pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Jajan pasar yang dijual diantaranya, cenil, gethuk, lopis, srawut, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada es dawet, bubur sum-sum, jenang grendul/biji salak dan ketan hitam.

Sedangkan kue-kue basah seperti, cucur, apem, pukis, pastel, pie susu, roti gulung, bolu kukus, risol, lemper, kroket, serta lainnya. Ada juga aneka sate. Misalnya, telur puyuh, usus ayam, krecek, dan lain-lain. Pasar Blauran sangat diminati banyak pengunjung karena lengkap. Di pasar ini juga terdapat penjual makanan khas Surabaya diantaranya, nasi kuning, nasi pecel, lontong balap, lontong mie, kikil, sate, kari kambing, gado-gado, dan lain-lain. (nanda)