Suasana rekernas TKN. (Foto/nanang)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ada pesan khusus yang disampaikan Jusuf Kalla. Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional/TKN itu menyampaikan tetap harus berhati-hati meski hasil berbagai survey elektabilitas pasangan calon presiden/capres dan calon wakil presiden/cawapres nomor 01, Joko Widodo – KH Ma’aruf Amin, diatas angin.

Penegasan itu disampaikan, Jusuf Kalla, usai membuka Rakernas TKN di The Empire Palace, Surabaya, Sabtu (27/10). Ia menyampaikan hasil survey di berbagai lembaga semakin bagus.

“Harus tetap berhati-hati dan harus kerja keras. Yang paling penting tetap optimistis sekaligus hati-hati,” katanya.

JK mengakui ketika sejumlah survei menunjukkan perbedaan nyata antara elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin dan lawan politiknya yang mencapai 20 persen. Baginya, tim sukses harus tetap berhati-hati saat mengkampanyekan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Menurut dia, semua pihak yang terlibat dalam kontestasi Pilpres 2019 melakukan kampanye secara damai. Ia tak ingin terjadi kampanye yang tidak menjunjung tinggi demokrasi. “Semuanya harus melaksanakan kampanye dengan aman, damai, demokratis,” pesannya.

Tentang masalah ekonomi, yang selalu dimasalahkan kubu sebelah, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, ia menyatakan, pihaknya selalu menekankan kepada seluruh tim bahwa incumbent selalu berbicara telah dan akan.

“Lawan biasanya selalu berbicara yang dikerjakan itu salah. Jadi kita harus memberikan penjelasan benar bahwa itu benar,” kilahnya.

Sementara, rapat kerja ini juga dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua TKN Erick Thohir, dan Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto. Sementara itu, Ketua TKD Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin, mengatakan, selama dua hari ini seluruh jajaran TKD di seluruh Indonesia berkumpul di Surabaya membahas banyak materi terkait pilpres.

Bagi TKD Jatim, lanjut mantan Kapolda Jatim itu, rakernas tim kampanye ini sangat membantu dalam mendisiplinkan semua langkah strategis dan taktis di darat maupun udara.

“Karena di acara ini kami mendapat garis-garis kerja yang komprehensif, mulai komunikasi politik, penyusunan narasi kampanye, sampai penggalangan pemilih milenial dan perempuan, dua segmen pemilih yang sangat menentukan kemenangan pada 2019,” ujar Machfud.

Terkait strategi yang disusun bersama dalam rapat kerja nasional tersebut, Machfud enggan mengungkap secara detil. “Yang namanya strategi ya rahasia. Yang jelas, strateginya sesuai koridor permainan, tidak boleh melanggar hukum, tidak boleh memfitnah, tidak boleh sebar hoaks,” ujarnya.

Hari Minggu (28/10), Capres Jokowi dan Cawapres KH Maruf Amin, dijadwalkan hadir bertemu dengan tim kampanye dari seluruh Indonesia. “Beliau akan memberikan pengarahan kepada seluruh tim kampanye daerah,” ujarnya.
(bw)