Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Ratusan ribu warga Nahdlatul Ulama (NU) memadati Stadion GOR Delta Sidoarjo. Mereka mengikuti Istighasah Kubro 2018 yang digelar Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur/Jatim, Minggu (28/10) pagi. Sekitar pukul 06.00 WIB, semua sektor tribun stadion berkapasitas 46.000 sudah penuh.

Bahkan, lapangan bola menjadi lautan warga nahdliyin yang didominasi warna putih. Tak cuma itu, area di luar stadion juga penuh dengan warga nahdliyin. Bapak, ibu, pemuda dan anak-anak ikut serta. “Di dalam penuh. Makanya kami memilih di luar stadion,” kata M Khoirul Rijal, seorang warga kelahiran Jombang.

Selepas salat Subuh, saat warga nahdliyin masuk ke stadion, diajak melantunkan sholawat. Kemudian dilanjutkan iringan musik qosidah subbanul Muslimin dari Probolinggo. Hadir di antaranya; Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, Rois Syuriah PW NU Jatim KH Ma’ruf Mansur, KH Agus Ali Masyhuri dan lainnya.

Presiden Jokowi, mendapat pengawalan ketat. Disamping Jokowi, yang juga capres ini ikut mendampingi cawapres Makruf Amien, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, serta menteri yang terlihat hadir adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Menakertrans, Hanif Dhakiri dan Menristek Dikti M Nasir. Gubernur Jatim, Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam Brawijaya Mayor Jenderal Arif Rahman. “Tepat pukul 06.15 WIB acara kita mulai dengan pembacaan ayat suci Alquran,” ujar pembawa acara. (ton)