SPPI III Distribusikan Bantuan dI Palu dan Donggala

89
Bantuan dari SPPI III untuk korban tsunami di Palu. (Foto/ist)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Bantuan untuk korban tsunami dan likuifaksi dari Serikat Pekerja PT Pelindo III sampai di Palu dan Donggala. Bantuan berupa tenda, terpal, beras, makanan siap saji, air kemasan siap minum, bantal, termos, obat-obatan, susu, pakaian dan lainnya diserahkan langsung perwakilan SPPI III kepada para korban Kamis (18/10) sore.

Koordinasi dan penyerahan bantuan dilakukan bersama-sama dengan FSPPI (Federasi Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia) di Makasar dan Palu diikuti 7 orang perwakilan dari SPPI III selama 5 hari mulai 15-19 Oktober 2018, untuk memastikan amanah dari seluruh pekerja di lingkungan PT Pelindo III Group sampai kepada para korban.

Kontainer bantuan dari SPPI III untuk korban Palu. (Foto/ist)

“Bantuan sudah sampai di Palu dan sudah didistribusikan perwakilan SPPI III, semoga bisa meringankan beban para korban,” tutur Muhammad F Malik selaku Ketua SPPI III. Sementara itu, secara terpisah perwakilan SPPI III di Palu, Agus Tariansyah, menyampaikan ucapan terima kasih dari saudara-saudara di Palu untuk semua Pekerja PT Pelindo III Group.

“Puji syukur kami bisa membantu meringankan beban saudara di Palu, mari kita berdoa bersama agar segera bangkit dan pulih kembali,” tandasnya. Perwakilan SPPI III bekerjasama dengan relawan melakukan optimalisasi mobilisasi bantuan pada selimut, tenda,makanan air bersih dan sanitasi.

SPPI III Distribusikan Bantuan ke Palu dan Donggala. (Foto/ist)

Seperti diketahui sebelumnya bahwa berdasarkan Undang Undang No. 17 tahun 2008 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sebagai Badan Usaha Pelabuhan tidak hanya sebagai penyedia fasilitas namun mampu melakukan kegiatan bongkar muat barang sehingga lebih efektif dalam melakukan pendistribusian bantuan korban dan hal tersebut juga sesuai dengan Peraturan Menteri nomor 152 tahun 2016 perihal penyelenggaraan dan pengusahaan bongkar muat dari dan ke ke kapal yang menegaskan bahwa Pelindo dapat melakukan kegiatan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal, maka dari itu penyaluran bantuan korban bencana dapt tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

Adapun total bantuan yang berhasil dihimpun oleh Federasi Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia sebesar Rp 394.319.000 dengan rincian dari SPPI I sebesar Rp70.636.000, SPPI II dengan Rumah Sakit Pelabuhan sebesar Rp151.638.000 dan dari SPPI III sebesar Rp127.045.000. (bw)