Bantuan untuk Palu-Donggala. (Foto/ist)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Tragedi tsunami Palu-Donggala, membuat kepedulian terhadap korban. Karena itu, Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia III ( SPPI III) memberikan bantuan kepada korban musibah gempa dan tsunami Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Bantuan diserahkan melalui Shipping Line yang langsung diberangkatkan Sabtu (13/10) kemarin.

“Mewakili Serikat Pekerja, kami menyampaikan rasa prihatin dan empati yang mendalam kepada saudara kita di Palu dan Donggala yang terkena musibah gempa dan tsunami. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah mendapatkan musibah,” kata Muhammad F. Malik didampingi Sekjen SPPI III, M.Adib Fadli.

Kepedulian karyawan yang tergabung dalam SPPI III, untuk korban tsnami Palu-Donggala. (Foto/ist)

Bantuan yang diperoleh dari sumbangan sukarela, baik dari pegawai Pelindo III yang tersebar di 17 cabang, beberapa anak perusahaan Pelindo III dan Komunitas Gowes Pelindo III, serta dari mahasiswa STIAMAK Barunawati terkumpul dalam bentuk barang siap pakai serta uang tunai sebesar Rp 127 juta yang selanjutnya uang tersebut diwujudkan dalam bentuk barang-barang yang dibutuhkan korban bencana.

Bantuan berupa tenda, terpal, beras, makanan, air kemasan siap minum, bantal, termos, obat-obatan, susu, pakaian dll kemudian dimuat dalam kontainer yang disediakan PT Meratus Line selaku perusahaan pelayaran yang menyediakan trayek khusus untuk mengangkut barang-barang bantuan korban bencana langsung ke Pelabuhan Pantoloan yang berada di Sulawesi Tengah. Seperti diketahui, kondisi jalur darat yang sulit ditempuh mengakibatkan terhambatnya pendistribusian barang ketitik bencana. Karena itu, jalur laut dipilih agar bantuan dapat diterima langsung para korban di Palu dan Donggala.

Bantuan dari SPPI III untuk korban tsunami Palu-Donggala. (Foto/ist)

Tak berhenti sampai disana, setelah pengiriman bantuan dilakukan, nantinya akan dilaksanakan rapat Koordinasi dan Penyerahan Bantuan bersama-sama dengan FSPPI (Federasi Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia) selama 5 hari mulai 15-19 Oktober 2018, di Makasar dan Palu yang akan diikuti 7 orang perwakilan dari SPPI III.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian seluruh karyawan Pelindo III kepada saudara kita di tanah air yang sedang dilanda kepedihan,” pungkas Fadli. Diharapkannya, adanya bantuan dari para karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khususnya sektor kepelabuhanan ini bisa sedikit membantu para korban di daerah bencana serta kawan-kawan relawan yang sedang bertugas. (bw)