Gempa Guncang Situbondo Terasa Hingga Surabaya dan Denpasar

45

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Guncangan gempa bumi dengan kekuatan 6.4 SR pada 55 km arah timur laut Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, menelan korban jiwa, luka dan puluhan rumah rusak berat.

Dari informasi bisnissurabaya.com dapat terparah terjadi di Dusun Jambusuk, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sepudi, Sumenep, Madura. Dilaporkan ada dua warga yang meninggal. Masing-masing H. Nadar, 60, warga Dusun Jambusuk dan Nuri Kamelia, 7, cucu Nadar. Kedua korban tertimpa reruntuhan rumahnya.

“Gempa sangat terasa di tengah desa. Banyak rumah rusak. Kalau di pesisir tidak begitu terasa,” kata Bharoul Kirom salah satu warga Sumenep, Kamis (11/10).

Beberapa rumah-rumah warga yang rusak diidentifikasi di desa Prambanan. Bahkan ada beberapa yang rata dengan tanah. Warga hingga saat ini masih berada di luar rumah. “Masih membekas trauma pada warga dampak gempa. Semoga bantuan segera tiba,” ujar Bharol ini.

Tak hanya itu, guncangan gempa itu terasa begitu keras terasa di Surabaya hingga Denpasar. Guncangan sempat terjadi beberapa detik terasa mengguncang Surabaya, (11/10) dini hari sekitar pukul 01.30. Getaran gempa terasa sampai dua kali. Getaran kedua terasa lebih kuat.

Dampak gunjangan gempa di salah satu gedung di wilayah Kertajaya Surabaya, kamis (11/10) dini hari.

“Getaran terasa banget saat saya hendak tidur, tapi tiba-tiba seperti berguncang,” kata Marsiti, salah seorang warga Penjaringan Sari, Rungkut. Meski hanya berlangsung beberapa detik, ia mengaku khawatir dan trauma akibat adanya gempa di daerah lain, seperti Lombok NTB dan Donggala Sulteng.

Kejadian serupa juga dialami Sylva warga Kedungdoro yang mengaku terkejut merasakan adanya gempa meski hanya beberapa detik.  “Saya sempat kaget, lalu keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” akunya Sylva itu.

Tak hanya di Surabaya, gempa juga dirasakan di sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Sumenep, Pamekasan, Bondowoso, Jember, Banyuwangi, Sidoarjo, Gresik dan beberapa daerah lain.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, telah terjadi gempa bumi pada pukul 01.44 yang pusatnya di 61 km timur laut Situbondo, Jawa Timur. Gempa  berkekuatan 6,4 SR dengan lintang 7,42 LS dan garis bujur 114,47 BT dengan kedalaman 10 km dan tidak menyebabkan tsunami.

Diketahui, Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mencatat, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut Bali. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.(ton)