Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Universitas Muhammadiyah Surabaya/UMS mengembangkan realitas maya. Virtual Reality atau realitas maya adalah satu teknologi yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer simulated environtment).

Lingkungan yang ditiru sebenarnya adalah yang hanya ada di dunia imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini, umumnya menyajikan pengalaman visual yang ditampilkan melalui komputer dengan menambahkan informasi hasil penginderaan. Seperti speaker atau handphone.

Menari bersama yang pecahkan rekor MURI di UMS. (Foto/nanang)

“Pada pengenalan kampus UMS tahun ini mengambil kegiatan yang berbeda. Yaitu, mengajak 2.232 mahasiswa baru untuk menari bersama dengan menggunakan kacamata virtual reality,” kata Rektor UMS, Dr dr Sukadiono, MM kepada Bisnis Surabaya (14/9) kemarin.

Acara menari massal dengan menggunakan kacamata virtual realty merupakan langkah universitas untuk terus mengembangkan teknologi dengan mengajak mahasiswa baru mengenal kampus secara virtual.

“Thema digital native dan revolusi industri 4.0 dipilih sebagai wujud kesiapan kampus menghadapi revolusi industri,” jelas Sukadiono.

Acara Bima UMS dance ini mendapat penghargaan rekor MURI untuk penggunaan VR terbanyak di Indonesia. Rekor ini sebagai bukti mahasiswa UMS siap menghadapi kemajuan teknologi. (nanang)