Gadis ini sedang menikmati indahnya Taman Sejarah Surabaya. (Foto/nisa)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Taman. Tempat ini wajib dimiliki setiap kota. Karena memiliki manfaat yang cukup banyak bagi masyarakat. Salah satunya, sebagai tempat untuk bersantai atau melepas lelah setelah bekerja atau sekolah. Disamping itu, juga bisa untuk olahraga.

Surabaya salah satu kota yang kaya akan taman-taman yang bersih dan indah. Salah satunya, adalah taman sejarah. Nama itu, bertengger gagah perkasa di tepi jalan Rajawali Surabaya. Tepatnya, di Jalan Kasuari blok A 92 No 93, Krembangan. Tempat ini, dimaksudkan untuk mengingatkan warga/wisatawan tentang sejarah kota.

Taman Sejarah yang dekat dengan Jembatan Merah Plaza/JMP. (Foto/nisa)

Di taman itu, sebelumnya telah diabadikan nama seorang adipati Surabaya, yakni Jayengrono. Sang adipati tewas ketika Surabaya ditaklukkan oleh Mataram pada 1625. Tapi kini nama, Jayengrono, sudah tak terekspose lagi. Untuk mengingatnya Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya membuat Taman Sejarah.

Pada bagian lain, taman ini ada kaitan nya dengan jembatan merah. Mengapa? Karena Pemkot Surabaya menyulap terminal bus itu menjadi taman seluas 5.300 meter persegi. Agar para wisatawan bisa menikmati jembatan dengan baik dan juga beristirahat di taman tersebut. Suasananya sangat nyaman, sejuk dan damai.

Tempat tersebut memiliki filosofi tersendiri. Sebagai refleksi perjuangan rakyat Surabaya. Tempat tewasnya Brigjen AWS Mallaby dalam peristiwa baku tembak yang terjadi pada 30 Oktober 1945. Kematian tentara Inggris itulah yang memicu pecahnya pertempuran 10 November di Surabaya.

Kemudian disini dapat dijumpai ornamen berupa relief. Tak ketinggalan elemen bambu runcing sebagai simbol perjuangan arek-arek Suroboyo. Dan juga dipasang di tiga tempat berbeda. Yakni, sepuluh buah, sebelas buah, dan 45 buah. Bilangan tersebut mendeskripsikan 10 November 1945.

“Tamannya bagus, cantik, asri juga. Cocik untuk santai dan refreshing,” kata Amel, salah satu pengunjung kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Kamis (13/9). Bukan hanya itu, kata Amel, taman ini juga bisa dinikmati keindahan kota Surabaya yang panas ini. Serta banyak terdapat pohon yang membuat udara semakin sejuk dan nyaman. (nisa)

BAGIKAN
Berita sebelumyaIni Rekor MURI di UMS
Berita berikutnyaDonor Darah di The Square