Potensi Pembeli Mobil Baru Tinggi

24

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Melemahnya rupiah tidak menghalangi pelaku usaha tetap optimis. Karena itu, Pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung mulai 15-23 September di Grand City Surabaya memiliki potensi 1200 unit mobil terjual. Penegasan itu dikemukakan Indonesia Exhibition Companies Association Secretary o Regional Representative Council of East Java Province PT Amara Satu Raya, Yusuf Karim Ungsi SH., MM., kepada bisnissurabaya.com Jum’at (14/9) kemarin.

Meski demikian, potensi pada GIIAS ke-4 itu menurun/lebih sedikit bila dibandingkan pada even yang sama dua tahun terakhir. Pada GIIAS 2017 di tempat yang sama terjual 1.700 unit mobil baru dari berbagai merk. Sedangkan pada GIIAS 2016 terjual 1.300 unit mobil. ‘’Saya tetap optimis dalam GIIAS kali ini ada potensi 1.200 mobil terjual dengan 50.000 pengunjung selama Sembilan pameran berlangsung,’’ kata Yusuf.

Kukuh Kumara

Ia menjelaskan, GIIAS Surabaya Auto Show 2018 ini menghadirkan inovasi dan teknologi terkini dari 70 exhibitors yang mencakup didalamnya merekmerek kendaraan dan sepeda motor ternama dari Agen Pemegang Merek/APM yang terdiri daro 11 merek kendaraan, empat merek sepeda motor dan puluhan merek industry pendukung otomotif.

Sementara itu, Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara, mengatakan, Indonesia menduduki ranking kedua setelag Thailand untuk industri otomotif Asia. Karena itu, keberadaan pameran GIIAS ke-4 di Surabaya ini sangat dibutuhkan karena untuk mempertemukan produsen dan konsumen. Apalagi, Jawa Timur/Jatim menduduki ranking ketiga setelah Jakarta, Jateng dan Jatim.

Sebab, kata dia, di daerah ada peminat/pembeli yang membutuhkan mobil baru. Kebutuhan mobil baru tidak hanya untuk di kota besar seperti Jakarta. Tetapi, juga dibutuhkan di daerah seperti Makasar, Medan dan Surabaya. (bw)