Pembangunan Fisik Desa Keras Kulon Merata di Lima Dusun

29

Ngawi, (bisnissurabaya.com) – Pembangunan fisik Desa Keras Kulon Kec. Gerih Kab. Ngawi sudah dimulai. Menurut keterangan Kepala Desa (Kades) Jariatun, SE, tampaknya pembangunan fisik  menjadi program dambaan untuk desa- desa di Kabupaten Ngawi hingga tahun 2018. Dan  sekarang bisa terpenuhi, mengingat mayoritas infrastruktur jalan menjadi pendorong  lajunya perkembangan perekonomian desa.

Lebih lanjut Jariatun menjelaskan pemeliharaan jalan sendiri juga bisa terawat dengan adanya talut pinggir jalan yang baik. Jadi pembangunan jalan harus bisa berjalan selengkap mungkin, apabila berjalan pincang maka percuma jalan diperbaiki, toh dalam sesaat hancur lagi yang disebabkan air di musim penghujan tidak bisa terbuang di tempat semestinya, melainkan menggenangi jalan. Tidak mustahil jalan itu tidak bisa bertahan dengan lama kondisinya.

Penyaluran dana desa yang bersumber dari pemerintah pusat tahap pertama ini diharapkan pembangunan untuk sumber daya manusia, yang inklulsif dan berbasis luas, dan tidak boleh memperlebar ketimpangan antara golongan dan wilayah. Dan pula  dapat meningkatkan kesejahteraan dan  roda perekonomian masyarakat secara nasional.

Jariatun selaku Kepala Desa  akan menjalankan amanah dalam membangun desa dan akan menggandeng pihak  Tim Lak, LPMD,semua unsur perangkat desa yang terkait pelaksanaan sarana fisik desa.

Tahun 2018 dialokasikan terdapat 5 tempat, tepatnya 5 dusun yang terdiri 2 lokasi pavingisasi, 2 lokasi TPT dan gorong plat. Di Desa Keras Kulon 3 dilaksanakan pembangunan fisik berupa TPT, dengan volume 315,5 meter yang mulai dilaksanakan di pertengahan Juli 2018 yang lalu, diprediksi selesai dalam tempo 45 hari.

Dengan misi untuk pertahanan jalan, tidak tergerus oleh air saat musim penghujan, selain itu pinggir jalan desa nampak rapi dan indah. “Selanjutnya  untuk inovasi  bisa ditanami pohon-pohon produktif oleh masyarakat, dalam hal penghijauan lingkungan dan sekaligus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,”pungkas Jariatun yang tampak selalu enerjik ini.(eko)