Malang, (bisnissurabaya.com) – Tempat wisata air yang diprediksi bisa dikembangkan terus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Dengan pengembangan ini, pundi-pundi pendapatan asli daerah akan terisi.

Seperti saat Bina Desa yang digelar di Desa Putukrejo Gondanglegi Kabupaten Malang ini agenda utamanya penataan wisata air.  Tempat wisata air di Desa Putukrejo ini dikenal dengan nama Su Sira.

Menurut Bupati Malang H. Rendra Kresna,  Desa Putukrejo adalah desa yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata. Yaitu dengan menata dan memelihara wisata sumber sira.

“Pemerintah Desa saya harapkan bisa bekerjasama dengan masyarakat untuk bisa mengoptimalkan tempat-tempat yang berpotensi di desa. Dengan tujuan  agar bisa menjadi salah satu pendapatan desa,” tandas Bupati Rendra di Putukrejo, Rabu (1/8).

Kegiatan penataan ini dibantu oleh  Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang.  Yaitu melakukan penataan tempat permainan anak-anak, kios, serta memasang paving dan drainase sampai akhir 2018 ini. Untuk selanjutnya akan diprogramkan penataan lebih lanjut lagi pada tahun depan

Sementara itu Kabid Bina Manfaat Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang Fauzi menambahkan  sebelumnya program Pemkab Malang melalui Bina Desa Jajaran dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah membangun saluran air, pavingisasi dan penataan lokasi tempat wisata. Dengan tujuan   agar terlihat lebih indah dan lebih menarik untuk dikunjungi.

Bupati Rendra  didampingi oleh Kepala Desa Putukrejo H.Ahmad Toha dan Ketua Pengelola Wisata Sumber Sira Muhammad Husnan menyampaikan penatan kios memang perlu agar para pedagang bisa tertata rapi. Sedang  untuk area tempat permainan juga akan di programkan agar tempat wisata ini bisa jauh lebih menarik dan mempunyai daya tarik dari sebelumnya.

Kades Ahmad Toha dan Pengelola Muh. Husnan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab  Malang Khususnya  Dinas Sumber Daya Air yang telah membantu dalam penataan Wisata Sumber Sira. Juga kepada Dinas Bina Marga, Dinas Pariwisata dan dinas lainnya yang juga turut membantu dalam Kegiatan Bina Desa sesuai dengan Program Dinas masing-masing ini. (bal/yul)