Lamongan, (bisnissurabaya.com) – Jika sebelumnya di Lamongan daging ayam potong dan telur naik, giliran harga ikan tawar ikut-ikutan terdongkrak meroket. Menurut pedagang dan pembeli, kenaikkan harga ikan tambak ini dipicu pasokan berkurangnya pasokan ikan dari petambak sejak dua pekan terakhir seiring berakhirnya musim panen.

Di pasar ikan Lamongan, pasokan ikan tawar turun drastic. Dari 200 ton setiap hari menyusut menjadi 80 ton per harinya. Kondisi ini, menjadi alasan harga ikan ikut terdongkrak naik.

Selain itu, gelombang besar di perairan Pantai Utara Lamongan juga menyebabkan pasokan ikan laut terbatas. Sehingga, tak ada pilihan lain bagi konsumen untuk berebut ikan tawar meski harganya mengalami kenaikan.

Pedagang ikan, Buhairi, menyatakan, hampir semua jenis ikan tawar naik pada kisaran Rp 2.000 hingga Rp 4.000 per kg. Adapun, jenis ikan yang naik, diantaranya ikan emas, bandeng serta mujaer. Akibat pasokan ikan tawar yang menurun ini, keluhan lainnya juga datang dari pedagang ikan luar daerah. Karena sudah ikut antri tetapi tak bisa bawa ikan dagangan untuk dijual ke daerahnya, karena habis diserbu pedagang lokal. (bashoir/stv)