Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Terus berupaya dalam memberikan efisiensi transaksi kemudahan kepada Masyarakat, Bank Indonesia ( BI ) bersama 11 Perbankan di Jawa Timur menyelenggarakan Peluncuran Kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Minggu, (29/07) hadir pada acara Peluncuran GPN yakni Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah dan sekitar 1000 Nasabah dari 11 bank di Jawa Timur meliputi, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, BPD Jatim, Bank Maspion, Bank Syariah Mandiri, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, dan Bank Artha Graha.

Antusias hadir pada Peluncuran GPN yang serentak digelar di 17 titik di seluruh Nusantara. Menurut Soekarwo, Dengan program GPN tersebut, perbankan kita tidak perlu lagi harus membayar pada proses data di luar negeri.” Ini adalah sebuah bentuk nasionalisme baru dalam industri jasa keuangan. Dengan GPN, transaksi pembayaran di Indonesia akan diproses di Indonesia sendiri dan datanya juga tidak akan sampai keluar negeri,” kata Pak De Karwo saat ditemui usai Peluncuran GPN di Kantor BI.

”Dengan adanya biaya transaksi yang makin murah akan berdampak pada penurunan biaya operasional yang pada akhirnya dapat menurunkan suku bunga bank,” imbuhnya.

Di tempat yang sama Difi Ahmad Johansyah menjelaskan, Kegiatan penukaran kartu GPN yang dilaksanakan pada 30 Juli hingga 3 Agustus 2018 adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menukarkan kartu ATM maupun Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN.

”Pekan GPN merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018 yang lalu, dan GPN adalah untuk mendorong masyarakat menggunakan kartu berlogo GPN,” kata Difi. Ahmad Johansyah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur saat hadir pada kegiatan launching kartu GPN.

Selain di Jakarta, Masih kata Pria asal Medan, Pekan GPN juga dilakukan di kota Surabaya dan diawali dengan kegiatan launching dan seremoni penyerahan kartu GPN kepada nasabah perbankan, serta Fun Walk sepanjang 5 km pada 29 Juli 2018 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

”Usai peluncuran tersebut, pada tanggal 30 hingga 3 agustus akan berlangsung pekan GPN dan dibuka layanan Gerak Perbankan untuk penukaran kartu ATM maupun Debet Berlogo GPN di 4 lokasi.yakni Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, Kantor Pemerintah Provinsi Jatim, Balai Kota Surabaya, dan Pasar Atom,” terang Difi

Selain di 4 lokasi itu, lanjut Difi, nasabah juga dapat menukarkan kartunya di seluruh wilayah Outlet perbankan di seluruh Surabaya.

”Untuk menukarkan kartu debetnya dengan kartu GPN, masyarakat cukup membawa dokumen berupa kartu identitas, kartu ATM maupun Debet dan buku tabungan,” tandas Difi.

Seperti diketahui, kartu GPN yang memiliki Slogan Aman, Andal dan Terpecaya akan memberikan kesempatan kepada masyarakat menukarkan kartu ATM ataupun Debet Bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN. (ton)