Gresik (bisnissurabaya.com) – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Gresik,  tengah berjalan. Kegiatan ini  berlangsung sebulan dan akan berakhir pada 10 Agustus 2018  mendatang. Ada yang menarik ketika Ketua Tim Wasev (Pengawasan dan Evaluasi) Brigjen TNI Ali Sanjaya meninjau ke desa tempat kegiatan TMMD di Ngampel Kec. Balongpanggang Gresik Kamis (26/7) lalu.

Setelah memberi  pengarahan, Ketua Tim Wasev melakukan peninjauan ke pameran yang berada di depan gedung Balai Desa Ngampel tempat acara berlangsung. Ikut mendampingi Wakil Bupati Gresik M. Qosim, Mayor Inf. Galih Cakti, Aster Kasdam V/Brawijaya Kolonel Czi Wahyono, Kolonel Inf. Abdullah dan Dandim 0817 Gresik Letkol. Kav Widodo Pujianto serta sejumlah unsur Forkopimda di lingkup Pemkab Gresik.

Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Ali Sanjaya (kanan) meninjau stan Mobil Keliling milik Dinas Perpustakaan Gresik. (Foto/samudera)

Ketika sampai di stan  mobil Perpustakaan Keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Gresik, Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Ali Sanjaya menyapa ibu-ibu yang sedang berdiri membaca berbagai jenis buku. “Lagi membaca buku apa ini ibu-ibu ?” sapa Brigjen TNI Ali Sanjaya. “Buku resep masakan pak,” jawab ibu-ibu serempak. “Bagus,” puji Ketua Tim Wasev. Yang mengerubuti mobil perpustakaan keliling tidak hanya para ibu namun juga pemuda dan pelajar.

Brigjen TNI Ali Sanjaya memberi apresiasi kepada panitia yang mengundang fasilitas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik ini. Dengan adanya banyak buku, masyarakat bisa memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu baru. “Mantap, fasilitas mobil perpustakaan keliling ini,” tandasnya. Menurut Brigjen Ali sekarang ini minat banca masyarakat mulai turun. Hal ini mengingat serbuan acara televisi yang beragam seperti sinetron.

“Dengan adanya perpustakaan keliling ini mari kita bangkitkan lagi minat   membaca,” ajak Jendral asli dari pulau Lombok ini. Buku adalah gudang ilmu, dengan banyak membacaca tentu khasanah pengetahuan akan  bertambah. Setelah peninjauan pameran Tim Wasev mengecek sejumlah kegiatan yang telah dilakukan TMMD. Seperti meninjau perbaikan Waduk, bedah sejumlah rumah, perbaikan fasilitas jalan.

Pihaknya berpesan pembangunan fisik yang dilakukan TNI agar dijaga hasilnya. Pembangunan ini tak lain  guna turut meningkatkan kualitas hidup masyatakat khususnya warga Desa Ngampel. Ali Sanjaya juga menjelaskan, hasil dari TMMD ini nantinya akan terus dimonitor.Termasuk diantaranya meminta masukan dari masyarakat. Mengingat hasil tersebut nantinya menjadi bahan evaluasi TMMD berikutnya. Baik itu kesulitan maupun kelemahan yang dihadapi.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik Siti Jaiyaroh menambahkan  mobil perpustakaan keliling memang telah menjadi salah satu programnya. Diakui buku yang  jenis buku yang dibawa mobil belum begitu banyak karena di tempat lain banyak instansi atau sekolah yang meminjan buku ke dinasnya. “Yaaaaa…., kita bagi-bagi mas, biasanya instansi, sekolah atau Karang Taruna   itu meminjam selama 3 bulan. Namun yang di mobil keliling ya sudah cukup mewakili lah,” tandas ibu asli dari kota Jombang ini.(sam)