Blitar, (bisnissurabaya.com) – Blitar siap pasok telur ke Daerah Khusus Ibukota/DKI Jakarta. Sebab, sebagai daerah sentra penghasil telur ayam terbesar skala nasional, peternak ayam dalam bimbingan pemerintah daerah/Pemda Kabupaten Blitar akan memasok kebutuhan telur di DKI yang jumlahnya sekitar 250 ton per hari. Hal tersebut disampaikan Bupati Blitar, Riyanto, Kamis (12/7) kemarin.

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan perjanjian kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta akan kebutuhan telur yang jumlahnya 250 ton per hari. MOU dituanglan melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya. Perjanjian kerjasama ini ditandatangani langsung Bupati Blitar Riyanto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Bupati Blitar Drs H Rijanto, MM. (foto/ist)

Bupati Blitar, Riyanto, mengatakan, untuk kebutuhan telur ayam  di Jakarta 250 ton per hari. Dari kebutuhan tersebut, saat ini Kabupaten Blitar mampu menyuplai sekitar 125 ton per hari. Namun, seiring dengan berbagai perbaikan dan evaluasi kebutuhan telur di DKI kedepan akan terpenuhi.

Produksi telur ayam di Kabupaten Blitar bisa mencapai 450 ton per hari. Jumlah tersebut dikirim kebeberapa daerah di Indonesia. Seperti Kalimantan, Sumatera, Indonesia Timur dan Jawa. (khoirul/stv)