Selamat Tinggal Mantan Napi Koruptor, Jangan Mimpi Jadi Caleg

1276

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Jika anda pernah dipenjara karena kasus korupsi, kejahatan seksual terhadap anak, dan bandar narkoba jangan mimpi jadi anggota legislatif.

Karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timu/Jatim dan Surabaya sudah menyatakan tunduk dan akan melaksanakan sepenuhnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum(PKPU) 5/2018 sebagai pengganti PKPU 7/2017 Tentang Tahapan Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019. Serta PKPU 20/2018 Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum 2019.

Nur Amalia, Komisioner KPU Surabaya.

“Bakal calon anggota legislatif 2019 wajib menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Keterangan (SUKET) dari Pengadilan,” kata Divisi Teknis KPU Surabaya Nur Amalia kepada Bisnis Surabaya Selasa (3/7) sore.

Mempertegas pernyataan Nur Amalia, Divisi Teknis Penyelenggaraan Dan Data KPU Jatim juga menyatakan semua data dan dokumen pencalonan dipublikasikan untuk mendapat tanggapan dari masyarakat. Hal ini penting sebagai kontrol.

Sementara itu di Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes Surabaya) tampak dipenuhi bacaleg yang mengurus SKCK. Diantaranya, Agus Basuki Ketua Pengurus Anak Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PAC PDIP) Kecamatan Mulyorejo Surabaya yang rencananya maju melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Surabaya 3.

“Saya ingin memenuhi semua persyaratan, untuk menunjukkan bahwa saya tidak cacat hukum dan layak untuk dipilih,” jelas Agus Basuki.

Agus Basuki, sedang mengurus SKCK di Polrestabes Surabaya sebagai persyaratan jadi caleg. (Foto/nanang)

Pengajuan calon anggota legislatif dilakukan oleh pimpinan partai politik yang sah sesuai dengan tingkatannya dengan cara mengunggah pengajuan dan dokumen persyaratan calon dalam Sistim Informasi Calon (Silon).

Pengajuan calon legislatif (caleg), sesuai ketentuan dijadwalkan selama 14 hari. Dan untuk pengajuan caleg DPRD Surabaya dilayani mulai 4 sampai 17 juli 2018 di Kantor KPU Surabaya.

“Kami sudah menginformasikan kepada parpol peserta pemilu di Surabaya tentang masa pengajuan caleg lewat surat nomor 402/PL.01.04-PU/02/6/2018,” tambah Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi. (nanang)