Tuban, (bisnissurabaya.com) – Bagi anda yang tegah dihinggapi kejenuhan saat berlebaran di tengah kota dengan segala kemacetan, rekreasi merupakan jawabannya. Air Terjun Bongok yang lokasinya di tengah hutan, mungkin bisa menjadi alternatif untuk mengobati kepenatan dan kesemrawutan di tengah kota. Saat libur lebaran lalu, obyek wisata ini menjadi primadona bagi warga kota, yang ingin berlibur di tengah tengah ketenangan di kawasan hutan yang masih natural.

Air terjun ini bukanlah air terjun biasa. Air Terjun Bongok, yang terletak di Desa Jetak, Kecamatan Montong Tuban Jatim ini kondisinya sangat alami dan lokasinya di tengah hutan lindung. Bahkan, meski di masa musim kemarau, lima titik air terjun yang lokasinya berdekatan ini, tetap dialiri air yang sangat jernih. Pemandangan di air terjun ini sangat eksotis. Hingga menarik wisatawan untuk berkunjung dan berfoto selfie disini.

Warga yang mengisi liburan, terutama saat libur lebaran lalu, rata-rata datang dari kota. Mereka yang datang, karena sudah jenuh dengan kemacetan dan kesemrawutan kota. Untuk itu para wisatawan lebih memilih lokasi liburan di Air Terjun Bongok, karena lokasinya berada di tengah hutan lindung dan suasananya sangat tenang.

Sedikitnya ada lima titik air terjun, yang lokasinya berdekatan menambah eksotis air terjun yang berlokasi di tengah hutan lindung Kawasan Hutan BKPH Merak Urak KPH Tuban . Bahkan karena lokasinya di tengah hutan, kealamian dan kenaturalan air terjun ini sangat terjaga dan elok di pandang mata.

Para muda mudi, tua dan muda yang datang ke sini. Biasanya berfoto selfie untuk kenang- kenangan. Lokasi foto selfie biasanya yang dipilih dengan latar belakang air terjun utama yang terdapat batang kayu besar yang tumbang dari atas air terjun. Background lain yang sangat menarik untuk berfoto adalah lokasi air terjun yang tak terlalu terjal dimana warga bisa berpijak pada batu besar yang dilumuri air yang sangat deras menerjang dari atas bebatuan besar.

Namun, bagi pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun di tengah hutan ini, tidak disarankan untuk mandi di telaga yang berada tepat di bawah kaki air terjun. Apalagi yang tidak bisa berenang. Karena telaga yang terbentuk oleh terjangan air dari atas air terjun sangat dalam dan diperkirakan kedalamannya mencapai lebih dari lima meter.

Wisatawan asal Lamongan, Rindy, mengatakan, untuk menuju ke lokasi air terjun ini tidaklah terlalu sulit. Sebab, baik kendaraan mobil dan motor bisa masuk dan mendekat di area air terjun ini. Dari kota Tuban, untuk ke air terjun ini bisa di tempuh perjalanan selama 45 menit atau sejauh 25 kilo meter dari pusat kota menuju arah Kecamatan Montong.

Saat liburan lalu, Air Terjun Bongok banyak dikunjungi wisatawan. Baik dari warga Tuban maupun dari luar kota tuban. Seperti Surabaya, Gresik, Bojonegoro, Lamongan bahkan dari Malang. (sumali/stv)