Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Tiga warga negara asing (WNA) yang menyalahgunakan izin tinggal, dideportasi pihak imigrasi klas satu khusus Surabaya. Dua WNA berasal dari China dideportasi karena menyalahgunakan izin tinggal. Sementara satu WNA lainnya berasal dari Malaysia dideportasi karena overstay atau pelanggaran melebihi izin tinggal.

Kakanim Klas I khusus Surabaya, Tarmin Satiawan, mengatakan, dua warga negara asing dari China serta satu warga negara lainnya yang berasal dari Malaysia oleh pihak imigrasi kelas satu khusus Surabaya akhirnya dideportasi ke negara asalnya masing-masing. Ketiga WNA ini dideportasi oleh bagian imigrasi karena melakukan pelanggaran izin tinggal dan juga overstay melebihi batas tinggal di negara Indonesia.

‘’Sesuai pelanggaran yang dilakukan ketiga WNA, yang melanggar ketentuan pasal 75 ayat satu UU Keimigrasian,’’ kata Tarmin Satiawan, Sabtu (28/4) lalu. Pencekalan dan black list dijatuhkan kepada ketiga WNA ini. Karena itu, bagi ketiganya tidak diperbolehkan kembali masuk ke negara Indonesia. Sementara itu,  total WNA yang telah dideportasi selama 2018 ini, ada 23 orang yang telah dideportasi.

Bahkan 2017 lalu, angkanya terbilang cukup tinggi lantaran ada sebanyak 70-an WNA yang telah dikembalikan ke negara asalnya masing-masing dikarenakan melakukan pelanggaran ke-imigrasian. (agung/stv)