Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Lumpia bonggol brokoli jadi inovasi baru jajanan sehat. Bonggol brokoli dapat menggantikan rebung dan kandungan vitaminnya juga lebih banyak dan bisa dikonsumsi sebagai kudapan bernutrisi. Bagi pecinta jajanan tentu tak asing dengan lumpia, salah satu kudapan yang banyak dijumpai ini banyak digemari dan cukup murah. Dalam penyajiannya, lumpia biasa ditemani dengan daun bawang dan sausnya yang khas, menambah cita rasa jajanan makanan gorengan ini.

 

Program kekhususan bionutrisi dan inovasi Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya membuat inovasi baru dalam dunia makanan. Yakni, memanfaatkan bonggol brokoli menjadi isian lumpia yang biasanya diisi rebung telur sayur segar dan daging ayam. Bonggol brokoli mengandung vitamin, serat, kalium dan kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Kekhas-an dari lumpia brokoli yakni isian tidak berbau dan lebih disukai anak-anak.

Dosen Program Kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan, Ruth Chrisnasari, STP, MP, mengatakan, dalam pembuatannya, makanan ini tak jauh  beda dengan lumpia pada umumnya. Bahan-bahan yang digunakan bawang putih, bawang merah, merica, daging ayam, bonggol brokoli dan kulit lumpia.

 

Bonggol brokoli awalnya dicuci kemudian  dikupas kulit luarnya, setelah itu dipotong sesuai keinginan. Selanjutnya dimasak seperti biasa. Dengan bonggol brokoli, anak-anak cenderung menyukai lumpia ini dengan cara digoreng atau langsung dimakan.

 

Melalui inovasi produk lumpia bonggol, brokoli diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dan memaksimalkan bahan makanan yang tak terpakai brokoli karena sangat bermanfaat bagi tubuh. (irwanda/stv)