Malang,(bisnissurabaya.com) – Desa waturejo  di kecamatan ngantang ditunjuk maju sebagai wakil kabupaten malang pada lomba yang digelar  tahunan oleh tp pkk provinsi jatim. Desanya sejuk, masyarakatnya guyub dan rukun.

Ketua tp pkk kabupaten malang, hj. Jajuk rendra kresna, se., mm menerima tim verifikasi lapang lomba kesatuan gerak pkk, kelurga berencana dan kesehatan tingkat provinsi jawa timur di kantor desa waturejo, kecamatan ngantang, senin (29/1) siang.

Hadir  dalam kesempatan ini, sekretaris daerah kabupaten malang, sejumlah opd di lingkungan pemerintahan pemkab malang, ketua dan anggota tp pkk kecamatan ngantang, ketua dan anggota tp pkk desa waturejo.

Lomba ini dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan bagi seluruh masyarakat di kabupaten malang. Tp pkk kabupaten malang setiap tahunnya mengagendakan gebyar atau yang biasa disebut kesatuan gerak pkk-kb-kesehatan yang dicanangkan dan dilaksanakan secara menyeluruh serta bersama-sama di seluruh wilayah kabupaten malang yang dimulai pada bulan september tiap tahunnya. Pada tahun 2017, melalui gerakan ini didapat desa dan kecamatan yang cakupan kb dan kesehatannya lebih tinggi dari desa/kelurahan dan kecamatan lainnya, yakni desa waturejo.

“mewakili bapak bupati malang, rendra kresna dan masyarakat desa waturejo menyampaikan selamat datang di kabupaten malang, tepatnya di desa waturejo. Kabupaten malang merupakan miniatur dari provinsi jawa timur karena semua ada disini mulai wilayah pegunungan hingga laut,” ujar jajuk rendra.

Ia berharap, suasana damai dan sejuk desa waturejo ini mengantarkan desa tersebut menjadi juara pada lomba tahun ini. Sekaligus bisa terpilih sebagai wakil jatim di lomba serupa  tingkat nasional.

“di wilayah kabupaten malang memiliki potensi masing-masing. Misal desa waturejo, saya senang suasana desanya yang sangat sejuk. Masyarakatnya rukun guyub dalam bersama-sama membangun desanya. Dan turut bersinergi dengan prioritas program pembangunan dari pak bupati, yakni pengurangan angka kemiskinan, pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan pariwisata,” ujarnya.

Lebih lanjut jajuk menjelaskan ada tiga prioritas sudah terlihat hasilnya. Pkk juga selalu dinantikan dan diterima aspirasinya dalam program kerja pemkab malang. Tentu untuk mengejar hasilnya yakni kesejahteraan dan keharmonisan keluarga. Bahkan kesuksesan kinerja pkk bisa diukur lebih dahulu dari lingkungan keluarga.

Pada kesempatan ini, tim juri yang dipimpin waluyo ajeng lukitowati langsung melakukan penilaian ke pos-pos penilaian. Tim yang terdiri enam orang ini didampingi ketua tp pkk desa waturejo, sunariyati dan kepala desa setempat, suroso cahyo utomo. Tp pkk desa waturejo memiliki sejumlah inovasi diantaranya pondok jampi, posyandu cilukba (ceria imut lucu bahagia), gerakan cinta paksa (cuci tangan pakai sabun), krpl diwajibkan lima polibek tiap rumah, judo jumantik sumbergondo, ovitraf dan odv mulai dari tahun 2016.(er)