Mengekplorasi Potensi Diri sebagai Percepatan Usaha

71

(bisnissurabaya.com) – Apa yang harus dilakukan pengusaha UKM seperti saya untuk mempercepat pengembangan usaha? Elly Witarti Ningsih – Genteng Candirejo Surabaya

Jawab : Setiap pelaku usaha, badan usaha pasti memiliki handicap atau keterbatasan.  Namun hendaknya keterbatasan tersebut tak menjadi hambatan dalam menjalankan usahanya. Ada pepatah kuno yang bisa diteladani hingga kini. ‘Kenali dirimu dan kenali potensimu, maka setiap usahamu akan menghasilkan pedoman yang bisa mengarahkan kepada keberhasilan nyata’.

Kita tahu Singapura, Brunei, Hongkong, Kuwait,  Bahrain, dan Uni Emirat Arab termasuk negara kecil di kawasannya. Namun, luas wilayah tidak lantas menjadi hambatan bagi mereka untuk menjadi negara maju.

Demikian juga untuk pelaku UKM, keterbatasan modal, managemen, dan mitra tidak boleh menjadi hambatan. Selama melakukan upaya eksplorasi secara terus menerus potensi diri yang kita punyai,  maka jangan takut terhadap keterbatasan yang ada.

Jika tidak mampu menjadi penghasil produk, maka bisa menjadi distributor. Jika tidak bisa menjadi distributor dapat menjadi pengecer, dan jika masih tak bisa jadi pengecer maka kita bisa menjadi perantara dalam mata rantai distribusi produk.

Sekali lagi kita harus selalu mengeksplorasi potensi diri untuk mempercepat usaha yang kita miliki. Kuncinya adalah inovasi yang langkahnya meliputi mengamati, meniru, menambah, dan  mengembangkan apa yang kita punya. (nanang)