Jerry C Gunadi, Dosen Pengusaha Kopi Degan

185

(bisnissurabaya.com) – Multi talenta selalu penuh ide kreatif. Hal itu tergambar pada sosok Jerry C Gunadi, seorang dosen mata kuliah pengantar bisnis di STIE Mahardika yang lahir dan besar di Manokwari, Papua Barat. Dia juga merupakan artis stand up comedy, dan dikenal sebagai pendiri organisasi  stand up comedy di Surabaya.

Selain itu, Gunadi adalah seorang pengusaha kopi degan. Pada awalnya, ia terinspirasi dari seorang teman Facebook  dari Vietnam yang sukses memproduksi minuman kopi kemasan dicampur dengan  irisan daging kelapa muda atau degan. Rupanya kisah sukses sang teman ini menimbulkan inspirasi tersendiri bagi Gunadi untuk membuka usaha yang serupa.

Keberadaan alam Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang ke 2 setelah Amerika Serikat, mampu menghasilkan komoditi kelapa yang melimpah, dan  wilayah dataran tinggi Indonesia di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi juga menjadi penghasil kopi terbesar didunia disamping Brazil.

“Kopi dan kelapa yang melimpah di alam Indonesia, membuat keyakinan saya makin kuat untuk menjalankan usaha ini,” tutur Gunadi kepada Bisnis Surabaya. Gunadi sudah satu tahun setengah menjalankan usaha kopi degan kemasan ini, ia meracik minuman tersebut dengan  menggunakan  bahan kopi robusta atau arabica dicampur dengan irisan daging degan pilihan.

“Komposisi masaknya adalah air kopi 60 persen dan irisan daging degan 40 persen dengan  pola masak 100 derajat celcius untuk titik didih air kopi dan 40 derajat celcius untuk irisan daging degan,” tambah Jerry yang juga mantan aktifis Himpunan Mahasiswa Islam tersebut.

Kopi kemasan yang  diproduksi oleh Jerry di daerah Jalan Raya Sedati Agung ini dijual dengan harga Rp 12.000 perbotol, dia menjualnya secara online melalui akun google D’gancoffee dan akun Facebook Gunadi Van Papua miliknya. “Alhamdulilah kopi degan produksi saya laris manis,” kata Jerry yang juga pengurus Forum Beda Tapi Mesra. (nanang)