Hobby Melahirkan Rejeki

163

(bisnissurabaya.com) – Berawal dari coba-coba menyalurkan hobi memasak, Neneng Marlina, seorang karyawan sebuah perusahaan distributor spare part  rekanan PTPN  XII  yang tinggal di Kalijudan Taruna berhasil  menjadi  pengusaha frozen food.

Awalnya, Neneng, mencoba membuat sempol dan membagi-bagikan sempol buatannya kepada tetangga di sekitar rumahnya. Menurut tetangga, sempol buatan Neneng, rasanya sangat enak.

Dari komentar tetangga, Fenny Kharisma, anak Neneng, yang sekolah di GIKI II ini terpikir untuk membawa sempol buatan ibunya ke sekolah. Ternyata sempol buatan Neneng, laris manis dijual di sana, dan Fenny sangat senang melihat pemandangan tersebut.

Hari demi hari dilalui Neneng, dengan menjalankan aktivitas membuat aneka makanan frozen food dan  produk lainnya. Seperti, sosis selimut telur, sosis selimut kentang, nasi ayam gobok kremes, dan kebab mini. Pintu keberuntungan Neneng, semakin terbuka saat ada temannya yang bersedia untuk membantu memasukkan sempol dan produk buatannya yang lain ke 4 kantin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya.

Selain di RSUD Dr Soetomo, Neneng juga rajin mengikuti pameran di Taman Remaja Surabaya (TRS). “Sering mengikuti pameran dapat menguatkan mental saya,” kata Neneng, kepada Bisnis Surabaya, pekan lalu.

Melalui sistem pemasaran dari mulut ke mulut untuk menawarkan berbagai produk buatannya kepada rekan rekan kerja. Hal itu dilakukan Neneng, dengan tanpa kenal lelah. Dalam waktu kurang dari 2 tahun Neneng, sudah mampu meraup omzet sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta dan mampu mengembangkan pasar sampai ke Jakarta dan Tangerang.

Berbekal dukungan Feby Hariyono suaminya, ingin mengembangkan usahanya dengan membuka gerai di Royal Plaza. Neneng, juga merasa tidak takut bersaing  dengan produk pabrikan lokal karena punya pangsa pasar sendiri dan perlu melakukan berbagai inovasi untuk mengembangkan produknya.

 “Saya pernah mencoba membuat varian baru, yaitu variasi sayur plus jamur dan varian  rasa pedas,’’. (nanang)