(bisnissurabaya.com) – Tampil cantik adalah dambaan setiap wanita. Termasuk pelaku usaha kecil menegah (UKM). Bahkan, pelaku UKM seharusnya selalu tampil cantik pada saat berjualan, dengan penampilan yang rapi, bersih, dan cantik dalam melayani pembeli dapat menunjang penjualan  produk mereka.

Group Wirausaha Mandiri (GW MAN) bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Swastika menggelar Beauty Class Equiva Product Cosmetic dengan menghadirkan pakar kecantikan Paula dan motivator Christine Wu di Creative Mega Network (CMN) Sentral Square  Gedangan Sidoarjo.

Kegiatan pelatihan yang diikuti 25 peserta ini bertujuan untuk menambah rasa percaya diri para pelaku UKM melalui keterampilan menghias diri. “Selama ini saya minder terhadap penampilan saya. Tetapi sekarang lebih yakin dan percaya diri,’’ kata Tanti Yulianik, yang juga pengusaha UKM bakso

Dalam paparannya Christine Wu, yang merupakan seorang motivator dengan kompetensi entrepreneurship, public speaking, marketing, sevice excellent, magic performance, star employ, costumer service mengajarkan pentingnya personal branding bagi pelaku UKM supaya dapat tampil prima saat melakukan aktivitas jualan.

“Untuk memajukan usaha, pelaku UKM tak cukup hanya membranding produknya tetapi juga perlu membranding personality mereka,’’ jelas Christine Wu, yang juga seorang penulis buku ini.

Peserta tak hanya diajari teori kecantikan, tetapi juga diajari praktek berdandan. Instruktur Paula, mempraktekkan cara membersihkan wajah, menggunakan bedak dan lipstick. “Akhirnya, saya tahu bagaimana cara membersihkan wajah dan memakai make-up yang benar,’’ ungkap Sri wahyuni, yang juga produsen risol mayo. (nanang)