Indahnya Bisnis Dompet dan Kerudung Lukis

86

(bisnissurabaya.com) – Hobi bila dikerjakan serius dan berkelanjutan akan jadi kegiatan ekonomi yang menghasilkan uang. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh para bijak yaitu “Jadikan hobimu sebagai pekerjaan. Maka kamu tak akan lelah dan menghasilkan banyak uang“

Berawal dari hobi melukis yang digelutinya bertahun-tahun, Evi, mulanya pengusaha toko alat tulis kantor/ATK. Ia mulai mencoba peruntungan dengan membuka usaha pembuatan dompet dan tas lukis.

Suatu ketika Evi, melihat proses pembuatan acsesoris di Youtube. Setelah diamati terus dan berulang-ulang timbul keinginan dalam hati Evi, untuk memproduksi acsesoris. Produk acsesoris tersebut di pasarkan bersama produk lukis yang lebih dulu ditekuninya.

Harga jual produk buatan Evi, antara Rp 10.000 sampai Rp 100.000. Untuk dompet sekitar Rp 35.000 sampai Rp 45.000, kerudung Rp 75.000, acsesoris Rp 10.000  sampai Rp 35.000. Setelah 3 tahun rajin memasarkan produknya melalui arisan komunitas, Evi, omzetnya hingga Rp 3 juta – Rp 5 juta per bulan.

Berbagai kendala di lapangan dalam proses produksi mampu diselesaikan secara bijaksana. Termasuk kekosongan bahan baku di lapangan pada saat pesanan lagi booming. Mendapat akses bisa berjualan di mall ataupun di gallery, merupakan keinginan tersendiri bagi pelaku UKM termasuk Evi.

Walaupun terkadang syarat untuk bisa berjualan atau titip produk di galerry terasa berat. “Saya ingin punya stand sendiri supaya pelanggan tak kesulitan mencari produk saya,’’ kata ibu dari Avina Uzila, ini.

Sebagai pelaku UKM, Evi, dapat merasakan perhatian Camat Karang Pilang kepada pelaku UKM. Hal ini dibuktikan dengan mengikutsertakan dirinya dalam kegiatan roadshow Pahlawan Ekonomi yang merupakan program andalan Pemerintah Kota Surabaya. (nanang)