(bisnissurabaya.com) – Bagi anda pecinta produk kecantikan, sering mendengar atau melihat satu kandungan bernama Hyaluronic Acid. Kandungan ini seringkali disinyalir berfungsi melembabkan dan sering disebut sebagai salah satu kandungan andalan untuk produk anti penuaan. Apa sih sebenarnya Hyaluronic Acid itu?

Hyaluronic Acid (HA) merupakan kandungan alami yang sebenarnya sudah ada pada setiap permukaan kulit manusia sebagai penyusun tulang rawan kita. HA dalam tubuh manusia adalah molekul yang berperan sebagai bantalan sendi, syaraf, dan memberi hidrasi untuk kulit dan rambut berkat kemampuannya yang mampu menahan kelembaban.

Dengan HA, kulit akan lembut dan kenyal karena HA dapat meningkatkan produksi kolagen. Tak hanya itu, HA juga merupakan salah satu anti oksidan yang mampu melawan radikal bebas. Banyak juga kan manfaatnya? Namun, seiring pertambahan usia, kulit semakin lambat memproduksi HA. Sehingga pada sebagian orang akan mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan permukaan kulit yang kendur dan kering.

Tak heran bila banyak perusahaan kosmetik yang membuat produk dengan HA sebagai bintangnya. Karena banyak wanita yang membutuhkan kandungan ini untuk menjaga kulit agar senantiasa lembab, dan awet muda. Banyak perawatan kecantikan menggunakan HA yang mampu memberikan efek peremajaan dan pengencangan lebih efektif. Sekaligus bisa mengembalikan bentuk wajah dengan ekspresi tetap natural dalam waktu seketika.

“Ketika itu, kita injekkan/memakai serum tak akan membawa efek negatif. Karena itu tidak mungkin ditolak oleh tubuh, tak ada alergi,” terang dokter kecantikan dari Klinik Emdee, dr. Leni Kumasalari Dipl. AAAM. Secara medis, HA dibuat melalui bahan kimia tapi persis dengan yang ada pada tubuh kita. Kadar pemakaian sekitar 70 persen murni tanpa bahan tambahan apapun.

Dengan bertambahnya usia, HA seseorang akan semakin berkurang. Dengan suntikan HA bisa mengembalikan kondisi kulit kita secara langsung, berbeda dengan tanam benang yang berguna untuk merangsang kolagen. “Kalau ini langsung disuntikkan, jadi jauh lebih efektif. Beaya pun lebih terjangkau daripada tanam benang, bisa setengah kali dari tanam benang,” paparnya.

Salah satu contoh perawatan yang menggunakan HA adalah Balance Perfection yang dikenalkan oleh Profira Clinic. Yaitu, mengembalikan kontur wajah dengan cara dermal filler. “Caranya dengan mengisi kembali bagian yang cekung dengan dermal filler yang mengandung Hyaluronic Acid,” terang dr Lince Haryanti, serta dr Linawati Gondowahyudi, dokter kecantikan yang sehari – hari berpraktek di Profira Clinic ini.

Hyaluronic Acid pada Balance Perfection sendiri berfungsi untuk mengurangi kerutan serta menarik dan mengencangkan kembali wajah yang mengalami penuaan. Selain itu, Hyaluronic Acid juga digunakan sebagai bahan filler mengatasi scars (bopeng bekas jerawat). Dikenalkan oleh klinik kecantikan Emdee dengan jam MD Magic Scaraway, adalah suatu tindakan medis dengan menggunakan Hyaluronic Acid yang disuntikkan pada kulit, untuk mengatasi masalah atrophic scar/lubang/bopeng bekas jerawat, sekaligus meremajakan kulit secara keseluruhan melalui proses injeksi skin booster.

Selanjutnya disempurnakan dengan aplikasi Hyaluronic Acid dengan Electrophoresis (Cryo Stamp). Manfaat lain dari perawatan ini dapat mengatasi dry skin (kulit kering), wrinkle (kerutan halus), serta menghaluskan tekstur kulit.

“Pengerjaan MD Magic Scaraway dimulai dari pengolesan krim anestesi pada area yang akan dikerjakan,” terang dr Leni Kumalasari, saat dijumpai di klinik Emdee Supermall PTC, Surabaya. Setelah anestesi dihapus, dokter melakukan injeksi filler pada bagian hypotrophic sear (jaringan parut), hingga scar menjadi naik/rata dengan kulit sekitar.

Kemudian dilakukan injeksi skin booster pada seluruh kulit pasien dengan menggunakan metode meso injection. Sampai saat ini pemakaian HA sebagai bahan estetika terus berkembang. Terutama untuk memancungkan hidung, membentuk dagu yang lancip, atau menghilangkan mata cekung serta membentuk wajah seperti yang kita inginkan. Pastikan anda mendapat perawatan di klinik kecantikan yang tepat terpercaya guna memperoleh hasil maksimal dan tentunya minim resiko. (lely)