Gresik,(bisnissurabaya.com) – Setelah empat tahun berturut-turut meraih peringkat Biru dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper), PT Petrokimia Gresik (PG)  berhasil meraih Proper Hijau tahun 2017. Penghargaan ini diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya, disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan diterima oleh Direktur Produksi PG I Ketut Rusnaya di Istana Wakil Presiden RI, Senin (18/12).

Direktur Produksi PG I Ketut Rusnaya mengatakan Proper merupakan program dan salah satu upaya dari Kementerian LHK untuk mendorong perusahaan di Indonesia agar taat dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi.

Dalam penilaiannya, Proper memiliki lima peringkat yaitu Hitam (tidak memiliki dokumen dan izin lingkungan), Merah (ada upaya mengelola lingkungan namun belum sesuai peraturan), Biru (pengelolaan lingkungan sesuai dengan peraturan), Hijau (mengelola lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan). Kemudian  Emas (Menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi atau jasa, melaksanakan bisnis yang beretika, dan bertanggung jawab terhadap masyarakat).

“Ini adalah pengakuan dari pemerintah bahwa Petrokimia Gresik, sebagai industri kimia berteknologi canggih, telah menerapkan sistem manajemen lingkungan yang semakin baik setiap tahunnya,” ujar I Ketut Rusnaya usai menerima penghargaan.

Penilaian Proper Hijau ini, meliputi penilaian Sistem Manajemen Lingkungan, pengembangan masyarakat (community development), serta pemanfaatan sumber daya.   Yaitu efisiensi energi, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, pengurangan pencemaran udara, 3R Limbah Padat Non-B3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air limbah, serta perlindungan keanekaragaman hayati. (sam)