(bisnissurabaya.com) – Bank Indonesia (BI) berharap ajang Generasi Baru Indonesia (GenBI) Leadership Camp 2017 kemarin, mampu menjadi momentum bagi seluruh mahasiswa penerima beasiswa BI dapat mendedikasikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk kemajuan negeri.

GenBI merupakan wadah komunitas bagi penerima beasiswa dari BI yang diarahkan untuk menjadi role model dan agent of change bagi masyarakat, garda depan yang membantu menyampaikan informasi kebijakan BI ( front liner ), serta mengambil bagian sebagai pemimpin Indonesia di masa mendatang.

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Herawanto berharap, GenBI Jawa Timur tidak hanya sekedar penerima beasiswa, namun juga menjadi agen komunikasi berbagai kebijakan dan program Bank Indonesia.
Mereka juga diharapkan mampu memberikan manfaat dan pengabdian yang positif untuk mendorong pembangunan yang berkualitas di masyarakat.

“Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur secara aktif akan menggelar kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk memfasilitasi upaya peningkatan kualitas dan kapabilitas GenBI Jatim. Salah satunya melalui peningkatan softskill dan hardskill,” kata Herawanto.

“Mahasiswa harus bisa berkoordinasi melalui forum yang baik ini dan mengenal teman di seluruh nusantara. Dengan cikal bakal orang-orang pintar yang bersatu, maka Indonesia akan lebih maju,” ujarnya.

Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman, melalui Leadership Camp merupakan program tahunan BI yang diisi dengan pembekalan terkait kepemimpinan ( leadership) dan motivasi yang inspiratif bagi GenBI.

Dirinya meminta kepada GenBI di seluruh Indonesia untuk menjadi garda depan komunikasi kebijakan BI melalui social media. BI sebagai otoritas dalam bidang moneter makroprudensial, dan sistem pembayaran serta pengelolaan uang rupiah juga menggunakan sosial media sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat luas.

“Kami sangat berharap karena di zaman media sosial seperti sekarang ini GenBI akan menjadi cyber army kami. Kalau 3.000-an GenBI saat ini bisa menyuarakan informasi yang benar tentang BI dan kebijakannya kepada masyarakat luas, maka akan membantu pemahaman masyarakat lebih baik tentang kebijakan Bank Indonesia dan pada akhirnya juga mampu berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Saat ini BI sedang mempersiapkan generasi sekarang untuk berkembang dan dapat berkompetisi dalam persaingan ekonomi global dunia. Sejak 2011 hingga 2017 BI telah memberikan sekitar 18.565 mahasiswa penerima beasiswa yang tersebar di 89 PTN seluruh penjuru Nusantara. Dipengunjung tahun 2017 merupakan penyelenggaraan GenBI Leadership Camp untuk yang ketiga kalinya dilaksanakan sejak 2015.