Mengenal Badan Hukum

208

(bisnissurabaya.com)

Apa Pengertian Badan Hukum ?

Bachtiar, Jl Peneleh 8 No 9 Surabaya

Jawab :

“Orang” (person) dalam dunia hukum adalah subyek hukum atau pendukung hak dan kewajiban. Setiap manusia adalah pembawa hak (subyek hukum) dan mampu melakukan perbuatan hukum atau mengadakan hubungan hukum yang harus diikuti dengan adanya kecakapan hukum (rechsbekwaamheid) dan kewenangan hukum (rechtsbevoedgheid).

Dua macam subyek hukum dalam pengertian hukum adalah, natuurlijke persoon (natural person) yaitu manusia pribadi (Pasal 1329 KUHPerdata). Rechtspersoon (legal entitle) yaitu badan usaha yang berbadan hukum (pasal 1654 KUH Perdata). Istilah badan hukum merupakan terjemahan dari bahasa Belanda, rechtspersoon.

Penggunaan istilah badan hukum dapat kita temukan dalam pasal 1 angka 1 undang-undang nomor 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas yang menyebutkan: “Perseroan terbatas, yang selanjutnya disebut perseroan, adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta peraturan pelaksanaannya”.

Badan hukum disebut sebagai subyek hukum karena orang dan badan hukum menyandang hak dan kewajiban hukum. Sebagai subyek hukum, badan hukum juga memiliki kewenangan untuk melakukan perbuatan hukum sebagaimana subyek hukum orang atau individu. Namun, karena bentuk badan hukum yang merupakan himpunan dari orang-orang, maka dalam pelaksanaan perbuatan hukum tersebut, suatu badan hukum diwakili oleh pengurusnya.

Sebagai konsekuensinya, maka subyek hukum juga dapat dianggap bersalah melakukan perbuatan melawan hukum. Dalam hukum perdata, perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh badan hukum menjadi tanggung jawab badan hukum tersebut yang dalam pelaksanaannya juga diwakili oleh pengurusnya.